MAKALAH LEMBAGA KEUANGAN MIKRO DASAR HUKUM LKM UU NO 1 TAHUN 2013 TENTANG LKM

LEMBAGA KEUANGAN MIKRO
PASAL DIDALAM LEMBAGA KEUANGAN MIKRO

Makalah ini dipresentasikan untuk Mata Kuliah Lembaga Keuangan Mikro pada Program Studi Hukum EkonominSyariah
Description: D:\IMG-20191006-WA0029.jpg


DISUSUN OLEH
REFIANA RESTYANINGSIH
NIM 2017.125.140
SITI FATIMAH
2017.125.142

DOSEN PENGAMPUH
LINZIATUL MAULA S.Pd.I., M.Si

YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM (IAI)
NUSANTARA BATANGHARI
 2019



KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah swt atas rahmat, kesehatan, pencerahanNya. Makalah ini alhamdulilah dapat saya selesaikan meskipun masih banyak kekurangan  kami. Tanpa pertolongan dan kasih sayangNya, bisa saja saya tidak bisa menyelesaikan tugas ini dengan baik. Sholawat beriringkan salam selalu tercurah kepada baginda Rasullah saw  yang akan memberikan syafaat  kepada kita kaumnya. ilaa yaumil akhir. Ucapan terimakasih pula kepada teman teman yang telah memberi saran dalam pembuatan makalah ini.
Makalah ini disusun sebagai tugas dari program belajar aktif oleh dosen pengajar mata kuliah “lembaga keuangan mikro” membahas tentang “pasal-pasal didalam LKM”. Kami  menyadari bahwa masih banyak kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasa. Oleh karna itu saya menerima segala saran dan kritik yang membangun agar saya dapat memperbaiki makalah ini, dan kedepanya lebih baik lagi.
Kami berharap semoga makalah ini bermanfaat dan memberi tambahan pengetahuan bagi pembaca.

Senin, 22 Oktober 2019

        Pemakalah



Daftar isi

 




PENDAHULUAN

Dalam upaya mendorong pemberdayaan masyarakat, khususnya masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) diperlukan dukungan yang komprehensif dari lembaga keuangan. Selama ini UMKM terkendala akses pendanaan ke lembaga keuangan formal. Untuk mengatasi kendala tersebut, di masyarakat telah tumbuh dan berkembang banyak lembaga keuangan non-bank yang melakukan kegiatan usaha jasa pengembangan usaha dan pemberdayaan masyarakat, baik yang didirikan pemerintah atau masyarakat. Lembaga-lembaga tersebut  dikenal dengan sebutan lembaga keuangan mikro (LKM). Tetapi LKM tersebut banyak yang belum berbadan hukum dan memiliki izin usaha. Dalam rangka memberikan landasan hukum yang kuat atas operasionalisasi LKM, pada 8 Januari 2013 telah diundangkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2013 tentang Lembaga Keuangan Mikro.
1.    Pengertian Lembaga Keuangan Mikro
2.    Tujuan Penyusunan UU no. 1 tahun 2013 tentang Lembaga Keuangan Mikro
3.    Dan pasal-pasal didalam Lembaga Keuangan Mikro




Lembaga Keuangan Mikro adalah lembaga keuangan yang khusus didirikan untuk memberikan jasa pengembangan usaha dan pemberdayaan masyarakat, baik melalui pinjaman atau pembiayaan dalam usaha skala mikro kepada anggota dan masyarakat, pengelolaan simpanan, maupun pemberian jasa konsultasi pengembangan usaha yang tidak semata-mata mencari keuntungan. Tujuan pendirian LKM diatas terutama untuk membantu masyarakat miskin dan/atau berpenghasilan rendah.

1.    Mempermudah akses masyarakat miskin dan atau berpenghasilan rendah untuk memperoleh Pinjaman / Pembiayaan mikro.
2.    Memberdayakan ekonomi dan produktivitas masyarakat miskin dan atau berpenghasilan rendah; dan
3.    Meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat miskin dan atau berpenghasilan rendah.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 tahun 2013 tentang Lembaga Keuangan Mikro disahkan Presiden Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 8 Januari 2013 di Jakarta. UU 1 tahun 2013 tentang Lembaga Keuangan Mikro diundangkan oleh Menkumham Amir Syamsudin pada hari itu juga dan ditempatkan dalam Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2013 Nomor 12. Penjelasan Atas Undang-Undang Nomor 1 tahun 2013 tentang Lembaga Keuangan Mikro ditempatkan dalam Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5394. Agar seluruh masyarakat mengetahuinya.


·           Pasal 1 Ketentuan umum, dalam Undang-Undang ini yang dimaksud dengan:
1.           Lembaga Keuangan Mikro yang selanjutnya disingkat LKM adalah lembaga keuangan yang khusus didirikan untuk memberikan jasa pengembangan usaha dan pemberdayaan masyarakat, baik melalui pinjaman atau pembiayaan dalam usaha skala mikro kepada anggota dan masyarakat, pengelolaan simpanan, maupun pemberian jasa konsultasi pengembangan usaha yang tidak semata-mata mencari keuntungan.
2.     Simpanan adalah dana yang dipercayakan oleh masyarakat kepada LKM dalam bentuk tabungan dan atau deposito berdasarkan perjanjian penyimpanan dana.
3.     Pinjaman adalah penyediaan dana oleh LKM kepada masyarakat yang harus dikembalikan sesuai dengan diperjanjikan.
4.     Pembiayaan adalah penyediaan dana oleh LKM kepada masyarakat yang harus dikembalikan sesuai dengan yang diperjanjikan dengan prinsip syariah.
5.     Penyimpanan adalah pihak yang menempatkan dananya pada LKM berdasarkan perjanjian.
6.     Pemerintah Pusat yang selanjutnya disebut Pemerintah adalah Presiden Republik Indonesia yang memegang kekuasaan pemerintahan Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
7.     Pemerintah Daerah adalah Gubernur, Bupati atau Walikota, dan perangkat daerah sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah.
8.     Otoritas Jasa Keuangan adalah Otoritas Jasa Keuangan sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang tentang Otoritas Jasa Keuangan.
·           Pasal 2 Asas dan tujuan Lembaga Keuangan Mikro berazaskan:
1.    Keadilan
2.    Kebersamaan
3.    Kemandirian
4.    Kemudahan
5.    Keterbukaan
6.    Pemerataan
7.    Keberlanjutan
8.    kedayagunaan dan kehasilgunaan.

·           Pasal 3 LKM bertujuan untuk:
1.    meningkatkan akses pendanaan skala mikro bagi masyarakat.
2.    membantu peningkatan pemberdayaan ekonomi dan produktivitas masyarakat.
3.    membantu peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat terutama masyarakat miskin dan atau berpenghasilan rendah.
·           Pasal 4 Pendirian, Kepemilikan, dan Perizinan
Pendirian LKM paling sedikit harus memenuhi persyaratan:
1.    bentuk badan hukum
2.    permodalan dan
3.    mendapat izin usaha yang tata caranya diatur dalam Undang-Undang ini.
·         Pasal 5
1.    Bentuk badan hukum sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 huruf a adalah:
a.    Koperasi; atau
b.    Perseroan Terbatas.
2.    Perseroan Terbatas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b, sahamnya paling sedikit 60% (enam puluh persen) dimiliki oleh Pemerintah Daerah Kabupaten / Kota atau badan usaha milik desa/kelurahan.
3.    Sisa kepemilikan saham Perseroan Terbatas sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dapat dimiliki oleh:
a.    warga negara Indonesia; dan/atau
b.    koperasi
4.    Kepemilikan setiap warga negara Indonesia atas saham Perseroan Terbatas sebagaimana dimaksud pada ayat (3) huruf a paling banyak sebesar 20% (dua puluh persen).
·         Pasal 6
LKM dilarang dimiliki, baik langsung maupun tidak langsung, oleh warga negara asing dan/atau badan usaha yang sebagian atau seluruhnya dimiliki oleh warga negara asing atau badan usaha asing.
·         Pasal 7
1.    Sumber permodalan LKM disesuaikan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan sesuai dengan badan hukumnya.
2.    Ketentuan mengenai besaran modal LKM diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan.
·           Pasal 8 Kepemilikan.
LKM hanya dapat dimiliki oleh:
1.    warga negara Indonesia;
2.    badan usaha milik desa/kelurahan;
3.    Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota; dan/atau
4.    koperasi.
·           Pasal 9 Perizinan
1.    Sebelum menjalankan kegiatan usaha, LKM harus memiliki izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan.
2.    Untuk memperoleh izin usaha LKM sebagaimana dimaksud pada ayat (1), harus dipenuhi persyaratan paling sedikit mengenai:
a.    susunan organisasi dan kepengurusan;
b.    permodalan;
c.    kepemilikan; dan
d.    kelayakan rencana kerja.
·           Pasal 10
Ketentuan lebih lanjut mengenai permodalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 huruf b, kepemilikan LKM sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8, dan tata cara perizinan usaha sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan.
·           Pasal 11 Kegiatan Usaha Dan Cakupan Wilayah Usaha
1.    Kegiatan usaha LKM meliputi jasa pengembangan usaha dan pemberdayaan masyarakat, baik melalui Pinjaman atau Pembiayaan dalam usaha skala mikro kepada anggota dan masyarakat, pengelolaan Simpanan, maupun pemberian jasa konsultasi pengembangan usaha.
2.    Ketentuan mengenai suku bunga Pinjaman atau imbal hasil Pembiayaan diatur dalam Peraturan Pemerintah.
·           Pasal 12
1.    Penyaluran Pinjaman atau Pembiayaan dan pengelolaan Simpanan oleh LKM sebagaimana dimaksud dalam Pasal 11 ayat (1) dilaksanakan secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah.
2.    Kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib dilaksanakan sesuai dengan fatwa syariah yang dikeluarkan oleh Dewan Syariah Nasional, Majelis Ulama Indonesia.
·           Pasal 13
1.    Untuk melakukan kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 ayat (2), LKM wajib membentuk dewan pengawas syariah.
2.    Dewan pengawas syariah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bertugas memberikan nasihat dan saran kepada direksi atau pengurus serta mengawasi kegiatan LKM agar sesuai dengan prinsip syariah.
·           Pasal 14
Dalam melakukan kegiatan usaha, LKM dilarang:
1.    menerima Simpanan berupa giro dan ikut serta dalam lalu lintas pembayaran;
2.    melakukan kegiatan usaha dalam valuta asing;
3.    melakukan usaha perasuransian sebagai penanggung;
4.    bertindak sebagai penjamin;
5.    memberi pinjaman atau pembiayaan kepada LKM lain, kecuali dalam rangka mengatasi kesulitan likuiditas bagi LKM lain dalam wilayah kabupaten/kota yang sama; dan
6.    melakukan usaha di luar kegiatan usaha sebagaimana dimaksud dalam Pasal 11 ayat (1).
·           Pasal 15
Ketentuan lebih lanjut mengenai kegiatan usaha LKM sebagaimana dimaksud dalam Pasal 11 sampai dengan Pasal 14 diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan.
·           Pasal 16 Cakupan Wilayah Usaha
1.    Cakupan wilayah usaha suatu LKM berada dalam satu wilayah desa / kelurahan, kecamatan, atau kabupaten / kota.
2.    Luas cakupan wilayah usaha sebagaimana dimaksud pada ayat (1) disesuaikan dengan skala usaha LKM yang diatur dalam Peraturan Pemerintah.
·           Pasal 17
Dalam hal terjadi pemekaran wilayah:
1.    Pinjaman atau Pembiayaan yang telah disalurkan LKM di luar wilayah usahanya tetap dapat dilanjutkan sampai dengan jangka waktu Pinjaman atau Pembiayaan berakhir; dan
2.    Simpanan yang telah diterima LKM dari Penyimpan di luar wilayah usahanya tetap dapat dilanjutkan sampai dengan penutupan Simpanan.
·           Pasal 18
LKM yang tempat kedudukan dan cakupan wilayah usahanya mengalami perubahan sebagai akibat dari pemekaran wilayah harus memberitahukan kepada Otoritas Jasa Keuangan.
·           Pasal 19 Penjaminan Simpanan
1.    Untuk menjamin Simpanan masyarakat pada LKM, Pemerintah Daerah dan/atau LKM dapat membentuk lembaga penjamin simpanan LKM.
2.    Dalam hal diperlukan, Pemerintah bersama Pemerintah Daerah dan LKM dapat mendirikan lembaga penjamin simpanan LKM.
3.    Ketentuan lebih lanjut mengenai lembaga sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) diatur dengan Peraturan Pemerintah.
·           Pasal 20 Informasi
Pengurus LKM dapat melakukan tukar-menukar informasi dan data mengenai penerima Pinjaman atau Pembiayaan dengan LKM lain.
·           Pasal 21
1.    Anggota dewan komisaris atau pengawas, direksi atau pengurus, pegawai, dan pihak terafiliasi LKM wajib merahasiakan informasi Penyimpan dan Simpanan.
2.    Kewajiban merahasiakan informasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak berlaku dalam hal informasi Penyimpan dan Simpanan untuk:
a.    kepentingan perpajakan;
b.    kepentingan peradilan dalam perkara pidana;
c.    kepentingan peradilan dalam perkara perdata; atau
d.    hal lain yang ditetapkan dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan.
e.    Anggota direksi atau pengurus, dan pegawai LKM wajib memberikan informasi Penyimpan dan Simpanan untuk kepentingan sebagaimana dimaksud pada ayat (2).
f.     Ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara untuk memperoleh informasi sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dan ayat (3) diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan.
·           Pasal 22 Penggabungan, Peleburan, dan Pembubaran
1.    LKM dapat melakukan penggabungan atau peleburan dengan 1 (satu) atau lebih LKM lainnya dengan persetujuan Otoritas Jasa Keuangan.
2.    Ketentuan lebih lanjut mengenai penggabungan atau peleburan LKM sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan.
·           Pasal 23
1.    Dalam hal LKM mengalami kesulitan likuiditas dan solvabilitas yang membahayakan keberlangsungan usahanya, Otoritas Jasa Keuangan dapat melakukan tindakan agar:
a.    pemegang saham atau anggota koperasi menambah modal;
b.    pemegang saham mengganti dewan komisaris atau pengawas dan/atau direksi atau pengurus LKM;
c.    LKM menghapusbukukan Pinjaman atau Pembiayaan yang macet dan memperhitungkan kerugian LKM dengan modalnya;
d.    LKM melakukan penggabungan atau peleburan dengan LKM lain;
e.    kepemilikan LKM dialihkan kepada pihak lain yang bersedia mengambil alih seluruh kewajiban;
f.     LKM menyerahkan pengelolaan seluruh atau sebagian kegiatan LKM kepada pihak lain; atau
g.    LKM menjual sebagian atau seluruh harta dan/atau kewajiban LKM kepada LKM atau pihak lain.
2.    Dalam hal tindakan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) belum cukup untuk mengatasi kesulitan likuiditas dan solvabilitas LKM, Otoritas Jasa Keuangan mencabut izin usaha LKM dan memerintahkan direksi atau pengurus LKM untuk segera menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham, Rapat Anggota atau rapat sejenis guna membubarkan badan hukum LKM dan membentuk tim likuidasi.
3.    Ketentuan lebih lanjut mengenai pembubaran LKM sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan.
·           Pasal 24 Perlindungan Pengguna Jasa LKM
Untuk kepentingan pengguna jasa, LKM harus menyediakan informasi terbuka kepada masyarakat paling sedikit mengenai:
1.     wewenang dan tanggung jawab pengurus LKM;
2.     ketentuan dan persyaratan yang perlu diketahui oleh Penyimpan dan Peminjam; dan
3.     kemungkinan timbulnya risiko kerugian sehubungan dengan transaksi LKM dengan pihak lain.
·           Pasal 25
Untuk perlindungan Penyimpan dan masyarakat, Otoritas Jasa Keuangan berwenang melakukan tindakan pencegahan kerugian Penyimpan dan masyarakat yang meliputi:
1.     memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat atas karakteristik dan kegiatan usaha LKM;
2.     meminta LKM untuk menghentikan kegiatannya apabila kegiatan tersebut berpotensi merugikan masyarakat; dan
3.     tindakan lain yang dianggap perlu sesuai dengan Undang-Undang ini.
·           Pasal 26
Otoritas Jasa Keuangan melakukan pelayanan pengaduan Penyimpan yang meliputi:
1.    menyiapkan perangkat untuk pelayanan pengaduan Penyimpan yang dirugikan oleh LKM;
2.    membuat mekanisme pengaduan Penyimpan yang dirugikan oleh LKM; dan
3.    memfasilitasi penyelesaian pengaduan Penyimpan yang dirugikan oleh LKM.
·           Pasal 27 Transformasi LKM
LKM wajib bertransformasi menjadi bank jika:
1.    LKM melakukan kegiatan usaha melebihi 1 (satu) wilayah kabupaten/kota tempat kedudukan LKM; atau
2.    LKM telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan.
·           Pasal 28 Pembinaan, Pengaturan, dan Pengawasan
1.    Pembinaan, pengaturan, dan pengawasan LKM dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan.
2.    Dalam melakukan pembinaan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Otoritas Jasa Keuangan melakukan koordinasi dengan kementerian yang menyelenggarakan urusan koperasi dan Kementerian Dalam Negeri.
3.    Pembinaan dan pengawasan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) didelegasikan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.
4.    Dalam hal Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota belum siap, Otoritas Jasa Keuangan dapat mendelegasikan pembinaan dan pengawasan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) kepada pihak lain yang ditunjuk.
5.    Ketentuan mengenai hal yang berkaitan dengan pembinaan dan pengawasan yang didelegasikan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dan pihak lain yang ditunjuk sebagaimana dimaksud pada ayat (4) diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan.
·           Pasal 29
1.    LKM wajib melakukan dan memelihara pencatatan dan/atau pembukuan keuangan sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku.
2.    Dalam melakukan dan memelihara pencatatan dan/atau pembukuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), direksi atau pengurus LKM dilarang:
a.    membuat pencatatan palsu dalam pembukuan dan/atau laporan keuangan tanpa didukung dengan dokumen yang sah;
b.    menghilangkan atau tidak memasukkan informasi yang benar dalam laporan kegiatan usaha, laporan keuangan, atau rekening LKM; dan
c.    mengubah, mengaburkan, menyembunyikan, menghapus, atau menghilangkan suatu pencatatan dalam pembukuan atau dalam laporan keuangan, maupun dalam dokumen atau laporan kegiatan usaha;
·           Pasal 30
1.    LKM wajib menyampaikan kepada Otoritas Jasa Keuangan:
a.    laporan keuangan setiap 4 (empat) bulan; dan/atau
b.    laporan lain yang ditetapkan dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan.
c.    LKM wajib mengumumkan laporan keuangan dalam rangka menerapkan prinsip keterbukaan.
·           Pasal 31
Dalam rangka pembinaan dan pengawasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (1), Otoritas Jasa Keuangan melakukan pemeriksaan terhadap LKM.
·           Pasal 32
Ketentuan lebih lanjut mengenai pembinaan, pengaturan, dan pengawasan LKM sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 sampai dengan Pasal 31 diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan.
·           Pasal 33 Sanksi Asministratif
1.    Setiap LKM yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6, Pasal 8, Pasal 11, Pasal 12 ayat (2), Pasal 13 ayat (1), Pasal 14, Pasal 18, Pasal 24, Pasal 27, Pasal 29 ayat (1), dan Pasal 30 dikenai sanksi administratif berupa;
a.    denda uang;
b.    peringatan tertulis;
c.    pembekuan kegiatan usaha;
d.    pemberhentian direksi atau pengurus LKM dan selanjutnya menunjuk dan mengangkat pengganti sementara sampai Rapat Umum Pemegang Saham atau Rapat Anggota Koperasi mengangkat pengganti yang tetap dengan persetujuan Otoritas Jasa Keuangan; atau
e.    pencabutan izin usaha.
2.    Pengenaan sanksi administratif sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sesuai dengan tingkat pelanggaran yang dilakukan.
3.    Ketentuan lebih lanjut mengenai tata laksana dan penerapan sanksi administratif sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan.
·           Pasal 34 Ketentuan Pidana
1.    Setiap orang yang menjalankan usaha LKM tanpa izin sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1), dipidana dengan pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 3 (tiga) tahun serta pidana denda paling sedikit Rp50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) dan paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).
2.    Dalam hal kegiatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan oleh badan hukum yang berbentuk perseroan terbatas atau koperasi, maka penuntutan terhadap badan-badan dimaksud dilakukan baik terhadap mereka yang memberi perintah melakukan perbuatan itu atau yang bertindak sebagai pimpinan dalam perbuatan itu atau terhadap kedua-duanya.
·           Pasal 35
1.    Setiap orang yang dengan sengaja memaksa LKM untuk memberikan informasi Penyimpan dan Simpanan di luar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 21 ayat (2), dipidana dengan pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 3 (tiga) tahun serta pidana denda paling sedikit Rp50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) dan paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).
2.    Anggota dewan komisaris atau pengawas, direksi atau pengurus, pegawai, dan pihak terafiliasi LKM yang dengan sengaja memberikan informasi yang wajib dirahasiakan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 21 ayat (1), dipidana dengan pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 3 (tiga) tahun serta pidana denda paling sedikit Rp50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) dan paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).
·           Pasal 36
Anggota direksi atau pengurus, atau pegawai LKM yang dengan sengaja tidak memberikan informasi yang wajib dipenuhi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 21 ayat (3), dipidana dengan pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 3 (tiga) tahun serta pidana denda paling sedikit Rp50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) dan paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).
·           Pasal 37
1.    Setiap direksi atau pengurus LKM yang:
a.    membuat pencatatan palsu dalam pembukuan atau laporan keuangan dan/atau tanpa didukung dengan dokumen yang sah;
b.    menghilangkan atau tidak memasukkan informasi yang benar dalam laporan kegiatan usaha, laporan keuangan, atau rekening LKM; dan
c.    mengubah, mengaburkan, menyembunyikan, menghapus, dan/atau menghilangkan suatu pencatatan dalam pembukuan atau dalam laporan keuangan, dan dalam dokumen atau laporan kegiatan usaha.
sebagaimana dimaksud dalam Pasal 29 ayat (2) dipidana dengan pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 3 (tiga) tahun serta pidana denda paling sedikit Rp50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) dan paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).
2.    Anggota dewan komisaris atau pengawas, direksi atau pengurus, dan/atau pegawai LKM yang dengan sengaja:
a.    meminta atau menerima suatu imbalan, baik berupa uang maupun barang untuk keuntungan pribadi atau keluarganya:
1.    dalam rangka orang lain mendapatkan uang muka atau fasilitas Pinjaman atau Pembiayaan dari LKM;
2.    dalam rangka memberikan persetujuan bagi orang lain untuk melaksanakan penarikan dana yang melebihi batas Pinjaman atau Pembiayaan pada LKM;
b.    tidak melaksanakan langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan ketaatan LKM terhadap ketentuan dalam Undang-Undang ini dan ketentuan peraturan perundang-undangan lainnya yang berlaku bagi LKM dipidana dengan pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 3 (tiga) tahun serta pidana denda paling sedikit Rp50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) dan paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).
·         Pasal 38
Pemegang saham atau pemilik LKM yang dengan sengaja menyuruh dewan komisaris atau pengawas, direksi atau pengurus, anggota koperasi, atau pegawai LKM untuk melakukan atau tidak melakukan tindakan yang mengakibatkan LKM tidak melaksanakan langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan ketaatan LKM terhadap ketentuan dalam Undang-Undang ini dan ketentuan peraturan perundang-undangan lainnya yang berlaku bagi LKM, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 3 (tiga) tahun serta pidana denda paling sedikit Rp50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) dan paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).
·                Pasal 39 Ketentuan Peralihan
1.    Pada saat Undang-Undang ini mulai berlaku, Bank Desa, Lumbung Desa, Bank Pasar, Bank Pegawai, Badan Kredit Desa (BKD), Badan Kredit Kecamatan (BKK), Kredit Usaha Rakyat Kecil (KURK), Lembaga Perkreditan Kecamatan (LPK), Bank Karya Produksi Desa (BKPD), Badan Usaha Kredit Pedesaan (BUKP), Baitul Maal wa Tamwil (BMT), Baitul Tamwil Muhammadiyah (BTM), dan/atau lembaga-lembaga lainnya yang dipersamakan dengan itu tetap dapat beroperasi sampai dengan 1 (satu) tahun terhitung sejak Undang-Undang ini berlaku.
2.    Lembaga-lembaga sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib memperoleh izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan paling lama 1 (satu) tahun terhitung sejak Undang-Undang ini berlaku.
3.    Lembaga Perkreditan Desa dan Lumbung Pitih Nagari serta lembaga sejenis yang telah ada sebelum Undang-Undang ini berlaku, dinyatakan diakui keberadaaannya berdasarkan hukum adat dan tidak tunduk pada Undang-Undang ini.
·           Pasal 40
1.    Otoritas Jasa Keuangan, kementerian yang menyelenggarakan urusan koperasi, dan Kementerian Dalam Negeri harus melakukan inventarisasi LKM yang belum berbadan hukum.
2.    Inventarisasi LKM sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus diselesaikan paling lambat 2 (dua) tahun terhitung sejak Undang-Undang ini berlaku.
3.    Dalam melakukan inventarisasi LKM sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Otoritas Jasa Keuangan, kementerian yang menyelenggarakan urusan koperasi, dan Kementerian Dalam Negeri dapat bekerja sama dengan pihak lain yang memiliki infrastruktur memadai.
·           Pasal 41
Peraturan pelaksanaan dari Undang-Undang ini harus ditetapkan paling lama 2 (dua) tahun terhitung sejak Undang-Undang ini diundangkan.
·           Pasal 42
Undang-Undang ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan. Agar setiap orang mengetahuinya, memerintahkan pengundangan Undang-Undang ini dengan penempatannya dalam Lembaran Negara Republik Indonesia.



Tujuan Penyusunan UU Nomor 1 tahun 2013 tentang Lembaga Keuangan Mikro bertujuan untuk:
1.    Mempermudah akses masyarakat miskin dan atau berpenghasilan rendah untuk memperoleh Pinjaman / Pembiayaan mikro.
2.    Memberdayakan ekonomi dan produktivitas masyarakat miskin dan atau berpenghasilan rendah; dan
3.    Meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat miskin dan atau berpenghasilan rendah.

Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat untuk saya dan pembaca. Saya sadar masih banyak yang perlu diperbaiki dalam makalah ini. Maka dari itu saya mengharapkan kritikan dan saran yang membangun agar kedepannya lebih baik lagi.





https://www.jogloabang.com/pustaka/uu-1-2013-lembaga-keuangan-mikro

Komentar

Postingan Populer