KULIAH KERJA NYATA (KUKERTA-MASA COVID 2020): Contoh laporan individu kukerta masa covid

 

LAPORAN INDIVIDU (KKN-DR dan KKN –KS)

 

Disusun untuk memenuhi tugas akhir pada kegiatan

 Kuliah Kerja Nyata(KKN) masa Wabah Covid-19

 

 

DISUSUN OLEH:

NAMA: SITI PATIMAH

NIM:2017.125.142

PRODI: HUKUM EKONOMI SYARIAH

 

DOSEN PEMBIMBING LAPANGAN: ZULQARNAIN.S.Ag.,M.Hum,Ph.D

DOSEN PENDAMPING LAPANGAN: SOPIAN,SH,M.Si

 

YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM BATANGHARI

INSTITUT AGAMA ISLAM NUSANTARA BATANG HARI

TAHUN AKADEMIK 2020/2021

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur saya panjatkan kepada Allah SWT  yang maha penagsih lagi maha penyayang. Yang mana berkat rahmat dan karunia-Nya serta kasih sayang yang melimpah  kepada saya sehingga masih dapat diberikan kesempatan untuk dapat  menyelesaikan tugas makalah ini yang diberikan kepada saya. Tak lupa salawat beriringkan salam saya haturkan  kepada nabi besar Muhammad SAW yang mana berkat beliau lah yang telah membawa kita umat manusia dari alam kebodohan yang tidak tahu apa-apa menuju alam yang penuh dengan ilmu pengetahuan.

Dalam hal ini ,saya bermaksud membuat Laporan Individu KKKN-DR dan KKN –KS yang mana dalam hal laporan ini dibuat untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh kampus dalam cakupan kajian perkuliahan. Saya berharap laporan  ini dapat sesuai dengan apa yang  di inginkan dan menjadi mamfaat bagi yang lain baik dalam pembelajaran perkuliahan ataupun yang lainnya.Walaupun masih banyak kekurangan didalamnya.Dan tak lupa saya ucapkan terimakasih kepada keluarga dan sahabat-sahabat saya yang telah banyak membantu walaupun tidak secara langsung tapi pengertian dan perhatian nya kepada saya.Sehingga laporan ini dapat selesai tepat waktu.

Muara Bulian,   25 Oktober   2020

 

                                                                                                    Siti Patimah         

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

HALAMAN .....................................................................................................

KATA PENGANTAR ...................................................................................

DAFTAR ISI  ..................................................................................................

BAB I PENDAHULUAN...............................................................................

A.    LATAR BELAKANG......................................................................... 1

B.     TUJUAN.............................................................................................. 2

C.   RUANG LINGKUP............................................................................ 3

BAB II PENYUSUNAN PROGRAM

A.   DATA SITUASI DESA ...................................................................... 4

B.   PERUMUSAN KEBUTUHAN /MASALAH.................................... 5

C.   TUJUAN ............................................................................................. 6

D.   MANFAAT KKN-DR ......................................................................... 7

BAB III PROGRAM DAN RENCANA KERJA

A.   METODE PELAKSANAAN ............................................................. 8

B.   RENCANA KERJA DAN EVALUASI ............................................ 9

C.   KALENDER KERJA ........................................................................ 10

BAB IV HASIL PELAKSANAAN PROGRAM 

A.   KULIAH KERJA NYATA DARI RUMAH (KKN-DR )................... 13

B.   KULIAH KERJA NYATA KERJA SOSIAL (KKN-KS).................. 15

BAB V PENUTUP

A.   KESIMPULAN ................................................................................... 17

B.   REKOMENDASI TINDAK LANJUT ............................................... 17

 

 


 

BAB I

 PENDAHULUAN

A.   Latar belakang

Kuliah Kerja Nyata(KKN) merupakan kegiatan instrakurikuler yang memberikan kesempatan lepada mahasiswa untuk belajar dan bekerja bersama masyarakat. KKN yang dilakukan oleh mahasiswa dilakukan dengan pemberdayaan sebagai sebuah proses pencarian(research) yang dilakukan bersama-sama untuk mencari jalan terbaik dalam penyelesaian persoalan yang mereka hadapi. Mahasiswa melakukan tugas pendampingan terhadap apa yang dibutuhkan oleh masyarakat dalam menghadapi problem social yang ada ditengah-tengah mereka.

Dalam pelaksanaan KKN ,terdapat tiga hal yang tidak dapat diisahkan antara satu dengan yang lain yakni penelitian (reseach), pengabdian kepada masyarakat dan publikasi ilmiah. Ketiga hal tersebut menjadi satu kesatuan yang saling mendukung dan mendorong untuk meningkatkan kualitas dan mutu KKN yang dilaksanakan oleh Institut Agama Islam Nusantara Batang Hari.pada tiap-tiap pelaksanaan KKN oleh Institut Agama Islam Nusantara Batang , dimensi reseach hendaknya dapat dimunculkan  dalam implementasinya dengan menggunakan pendekatan  ABCD(Asset, Based,Community and Development),metode PAR dan BCR. Apalagi dimasa wabah covid-19 ini , publikasi reseach akan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai program dan output KKN yang dilakasanakan oleh mahasiswa.

Kebijakan KKN dari rumah(KKN-DR) sedang diberlakukan hampir semua Instansi atau lembaga pendidikan saat ini. Hal ini mengacu pada tridharma perguruan tinggi dimana pengabdian kepada masyarakat. Maka sistem tebaru yakni KKN –DR diterapkan guna memenuhi tuntutan tersebut. Walaupun dari rumah, tentu tetap tak mengurangi pengabdian masyarakat oleh mahasiswa hanya saja media nya saja yang berubah atau penyampaian dan pelaksanaan nya yang tak secara langsung guna mencegah terjadinya penyebaran virus corona.

B.   Tujuan

Adapun tujuan dari pelaksanaan KKN yang dilakukan yakni sebagai berikut:

1.    Untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran serta mengurangi resiko virus corona dimasyarakatdan juga lingkungan Institut Agama Islam Nusantara Batang hari.

2.    Untuk membantu teknis pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata yang dilakukan mahasiswa.

3.    Untuk memastikan pelaksanaan KKN mahasiswa tetap berjalan pada semestinya

C.   Rung lingkup

Kegiatan KKN ini dilakukan dalam dua jenis format kegiatan yakni KKN-DR yang merupakan Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah dan yang kedua yakni KKN-KS yang merupakan Kuliah Kerja Nyata Kerja Sosial. Adapun jenis kegiatan KKN-DR yakni meliputi kegiatan penguatan kesadaran dan kepedulian terhadap covid-19 ,relasi agama, dan kesehatan masyarakat dengan tepat,moderasi beragama dan pendidikan serta dakwah keagamaan Islam dengan memafaatkan media dan teknologi informasi. KKN DR juga dapat diwujudkan dengan melkaukan produktivitas keilmuan yang dilakukan dengan berupa penulisan buku saku atau jurnal ilmiah atau artikel yang disesuaikan dengan program studi masing-masing. Sedangkan kegiatan KKN-KS dapat dilakukan dengan turun langsung kelapangan atau lokasi KKN dalam hal pencegahan dan penanganan penyebaran Covid-19 dan pendampingan di masyarakat sesuai dengan program studi atau bekerja sama dengan  pihak gugus tugas covid -19 atau pun pihak yang berwenang dalam hal ini sesuai dengan protocol kesehatan yang ditetapkan pemerintah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB 2

 PENYUSUNAN PROGRAM

A.   DATA SITUASI DESA

Desa Olak merupakan salah satu desa yang berada di kecamatan Muara Bulian kabupaten batang hari yang berada disepanjang aliran sungai batanghari. Desa olak sendiri merupakan desa yang terbagi menjadi beberapa rukun tetangga(RT) yang tergabung menjadi tiga dusun yakni dusun 1 yakni dusun parit, dusun 2 yakni kembang tanjung dan dusun 3 pasir putih. Dimana tiap dusun dikepalai oleh kepala dusun dan membawahi dua rukun tetangga(RT). Desa olak memiliki wilayah yang cukup luas dengan kehidupan masyarakatnya kebanyakan dengan mata pencaharian atau pekerjaan sebagai petani atau pekebun. Selain itu masyarakat desa olak memiliki struktur pemerintah dan organisasi yang terkoordinir. Adapun lembaga atau organisasi yang terdapat di desa olak yakni pemerintahan desa, BPD,RT,KADUS,lembaga adat, PKK , toko agama, karang taruna,TRIBINA, Forum PAMI dan perSyara’an serta FPKM. Masyarakat desa olak merupakan masyarakat yang menjunjung tinggi nilai Agama Islam. Ini terlihat dengan aktifnya kegiatan DTA dan PAMI di desa tersebut. Tak hanya itu kelompok yasinan pemuda dan pemudi serta bapak2 /ibu2 juga aktif berjalan. Dalam hal ini terlihat sekali bahwa desa olak masyarakatnya memiliki kehdupan yang bernilai agama. Selain dalam kehidupan beragama yang tinggi, masyarakat desa olak dalam hal kesenian dan kebudayaan daerah juga cukup tinggi dimana dalam hal ini desa olak memiliki sanggar seni yang nama “Rentak Besamo”. Sanggar seni  Rentak Besamo sendiri memiliki jenis kesenian daerah yakni musik gambus yang mana setiap minggu akan dilakukan pementasan hiburan untuk masyarakat desa olak. Pemerintahan desa olak saat ini dipimpin oleh Pejabat sementasa(pjs) yakni datuk Bustari. Beliau menjabat sementara sampai pemilihan kepala desa yang baru terpilih. Kehidupan masyarakat desa olak tentu juga dak terlepas dari lingkup kesehatan dimana desa olak juga memiliki Pusat kesehatan terpadu (POSTU) yang akan menangani masalah kesehatan masyarakat. Dan juga pendidikan anak juga terdapat TK-PAUD serta DTA. Tentu hal ini merupakan bukti bahwa kehidupan masyarakat desa olak cukup memperhatikan masalah pendidikan bagi generasi anak-anak.

B.   PERUMUSAN KEBUTUHAN MASALAH

Adapun beberapa masalah yang terdapat di desa olak ketika saya berada selama masa KKN KS yakni dapat dilihat bahwa masyarakat desa olak masih sangat minim pengetahuan tentang wabah virus corona. Kehidupan masyarakat nya masih banyak yang belum menerapkan sistem ‘’New Normal” yang ditetapkan oleh pemerintah. Hal ini dapat dilihat dengan kurangnya penerpan protokol kesehatan saat berada dikeramaian dan juga minimnya fasilitias protokol kesehatan yang tersedia di tempat umum. Melihat ini saya sangat prihatin,mengingat bahwa saat ini wabah virus ini begitu tak mengenal siapa yang akan tertular. Maka dari itu berikut rumusan masalah yakni:

1.    Bagaimana memberikan pengetahuan kepada masyrakat mengenai virus covid-19?

2.    Bagiamana menerapkan kepada masyarakat mengenai cara mencuci tangan yang baik dan benar dalam pencegahan penyebaran virus  covid-19?

3.    Bagaimana  pemahaman kepada masyarakat terhadap “New Normal” yakni saat sedang bekrja dilapangan atau dikantor?

4.    Bagaimana memberikan pemahaman perilaku hidup bersih dan sehat.?

5.    Bagaimana memberikan kesadaran pentingnya menggunakan masker saat berada diluar atau keramaaian dan mematuhi prokol kesehatan?

6.    bagaimana memberikan pengetahuan dibidang hukum dalam hal ini terkait dengan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata buku Kesatu(KUHPerdata) buku kesatu.?

7.     Bagaimana memberikan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat tentang zakat mal dan pembagian serta perhitunganya.?

 

C.   TUJUAN KKN-DR

 

Adapun tujuan dari KKN –DR yang saya lakukan ialah sebagai berikut:

1.    Untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat tentang virus corvid-19.

2.    Untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai cara mencuci tangan yang baik dan benar kepada orang tua dan anak-anak  demi mencegah penularan virus corona yang saat ini sedang mewabah.

3.    Untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang keiasaan baru”New Normal” yang diterapakan oleh pemerintah dimana dalam hal ini kebiasaan baru yang harus atau wajib diterapkan saat sedang bekerja di luar atau pun dikantor dimasa pandemi saat ini.

4.    Untuk memberikan pemahaman akan pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat dimasa pandemi ini.

5.    Untuk memberikan pengetahuan dibidang hukum dalam hal ini terkait dengan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata buku Kesatu(KUHPerdata) buku kesatu.

6.     Untuk  memberikan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat tentang zakat mal dan pembagian serta perhitunganya.

 

 

D.   MAMFAAT KKN-DR

Adapun mamfaat yang dapat diperoleh dari KKN-DR ini yakni :

1.    Agar masyarakat menyadari pentingnya pengetahuan dan informasi terkait virus covid-19 yang saat ini sedang mewabahi negeri.

2.    Agar masayarakat dapat menyadari pentingnya pencegahan penyebaran virus covid-19 ini dengan menerapkan protokol kesehatan yang salah satunya mencuci tangan yang baik dan benar kepada keluarga dan terutama anak-anak yang merupakan generasi penerus.

3.    Agar masyarakat memahami pentingan memahami gejala dan cara penularan virus corona agar kemudian hari dapat mengantisipasi jika keluarga atau lingkunag sekitar ada yang tertular atau memiliki gejala virus corona.

4.    Agar masyarakat menyadari pentingnya menerapkan protokol kesehatan ketika sedang bekerja baik itu kerja dirumah maupun kerja dikantor atau lapangan sehingga  walau pun ditengah pandemi aktivitas kerja tetap jalan , protokol kesehatan dijalankan , tubuh tetap sehat dan semoga dapat terhindar dari penularan virus covid-19.

5.    Agar masyarakat dapat menyadari pentingnya melakukan perilaku hidup bersih dan sehat(PHBS).

6.    Agar masyarakat memahami dan membiasakan menggunakan masker saat berpergian keluar atau berada di tempat keramaian. Dan menjaga jarak aman dari orang lain setidaknya 1 meter agar dapat terhindar dari virus.

7.    Agar masyarakat dapat mengetahui hukum yang berlaku di indonesia yakni salah satunya hukum pidana dimana Kitab Undang-Undang Hukum Pidana yang menjadi aturan dalam menegakan hukum pidana dimana semua hal perbuatan pidana diataur dalam KUHP yang mana KUHP buku kesatu yang memuat tentang aturan umum mengenai Hukum Pidana di Indonesia.

8.    Agar masyrakat dapat mengetahui bahwa pentingnya memahami edukasi tentang zakat mal (harta) agar dapat menjadi muslim yang taat dalam membayara zakat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB 3

PROGRAM DAN RENCANA KERJA

A.   METODE PELAKSAAAN

Adapun metode yang saya lakukan untuk melaksanakan KKN-DR ini yakni dengan membuat beberapan video edukasi mengenai informasi tentang virus corona, tentang kebiasaan baru (new normal) , tentang cara mencuci tangan yang baik dan benar utnuk diajarkan kepada anak-anak dan juga edukasi tentang zaka mal. Selain itu saya juga menyusun sebuah buku tentang hukum yang mana dalam hal ini saya akan menyusun buku tentang “KUHP” buku kesatu atau Kitab Undang-undang Hukum Pidana buku kesatu. Yang mana hasil dari video tersebut akan di unggah dibeberapa media sosial dan buku tersebut akan di cetak dan diberikan kepada masyarakat desa sebagai sumber pengetahuan.

B.   RENCANA KERJA

1.    Dalam bidang kesehatan

Yakni memberikan sosialisasi mengenai virus corona melalui video edukasi  yang akan disusun dan di unggah dimedia sosial seperti channel youtube, Ig, twitter, dan Facebook. Selain itu juga memebrikan edukasi berupa video tentang cara mencucui tangan yang baik dan benar untuk anak-anak dengan cara bernyayi sambil belajar mencuci tangan. Dalam hal ini kebiasaan baru”New Normal” juga akan diberikan dengan video edukasi berupa 5kebiasaan baru ditempat kerja dimana kebiasaan baru ini dapat diterapkan jika sedang bekerja di lapangan atau tempat kerja. Dan juga video edukasi kepada masyarakat tentang engetahuan dan cara peneyabaran viru corona dengan judul “virus corona itu apa sih?

2.    Dalam bidang pendidikan agama

Yakni akan diberikan pengetahuan tentang zakat mal(harta) dan pembagian serta perhitungannya agar sebagai umat muslim dapat menjadi umat muslim yang taat dalam mengelarkan zakat dan tidak lalai dalam beribadah, karena zakat merupakan rukun ketiga dari lima rukun islam yang wajib di lakukan oleh seorang mukhallaf.

3.    Dalam bidang hukum

Yakni akan diberkan pengetahuan tentang Hukum yakni Kitab Undang-undang Hukum Pidana Buku kesatu yang mana dalam bentuk buku saku. Agar masyarakat dapat mengenal hukum yang berlaku di indonesia dan bagaimana peraturannya yang mengatur hukum tentang pidana(kejahatan). Agar kelaknya masyarakat paham dan mengerti agar tidak berbuat kejahatan sembarangan dan menjadi warga yang taat hukum.

C.   KALENDER KERJA

Adapun kalender kerja yakni:

MINGGU

HARI

JENIS KKN

KKN -DR

KKN-KS

MINGGU 1

1

 

 

2

 

 

3

 

 

4

 

5

 

6

 

7

 

MINGGU 2

1

 

2

 

3

 

4

 

5

 

6

 

7

 

MINGGU 3

1

 

2

 

3

 

4

 

5

 

6

 

7

 

MINGGU 4

1

 

2

 

3

 

4

 

5

 

6

 

7

 

MINGGU 5

1

2

 

3

 

4

 

5

 

6

 

7

 

MINGGU 6

1

 

2

 

3

 

4

 

5

 

6

 

7

 

MINGGU 7

1

 

2

 

3

 

4

 

5

 

6

 

7

 

 

 

 

 

 

 

BAB 4

HASIL PELAKSANAAN PROGRAM

A.   KULIAH KERJA NYATA DARI RUMAH(KKN-DR)

1.    Bidang kesehatan

Adapun proses pembuatan video yang pertama yakni video dengan judul “Mari bernyanyi dan belajar mencuci tangan bersama Aliki” itu membutuhkan waktu 10 hari dari mulai proses perencanaan draft video sampai selesai dan diuggah /di upload ke media sosial. Adapun untuk video kedua yakni tentang edukasi kebiasaan baru dengan judul” New Normal ditempat kerja:tetap kerja tetap sehat” waktu yang diperlukan dalam pembuatan video ini samai dengan selesai dan diupload ke media sosial yakni 19 hari karena diselingan dengan penyusunan video pertama. Sedangkan untuk video ketiga yakni dengan judul”Virus corona itu apa sih? Membutuhkan waktu sekitar 6 hari karena video ini dibuat setelah video kedua dan ketiga selesai sehingga fokus pada video ini dan selesai dengan cepat.

2.    Bidang pendidikan hukum

Adapun dalam hal ini buku saku yang disusun memerlukan waktu yang cukup lama karena proses penyusunan dari awal draft dan isi sampai selesai berjalan cukup sulit karena harus merapikan ditengah proses pembuatan video . sehingga pada saat ini sedikit terbengkalai. Tetapi ahamdulillah dapat terselesaikan dengan waktu yang tepat. Adapun waktu yang dibutuhkan yakni 20hari.

 

3.    Dalam bidang agama

Adapun dalam bidang agama proses pembuatan video edukasi mengenai hukum zakat harta (mal) saya membuatuhkan waktu sekitar   8 hari dari awal peencanaan draft , penyusunan dan penyelesaian draft video samapi di upload di media social seperti youtube chanel dan ig serta facebook.

 

B.   KULIAH KERJA NYATA KERJA SOSIAL(KKN-KS)

Adapun kegiatan yang saya lakukan pada saat kuliah kerja nyata kerja sosial yakni sekitar 12 hari lamanya. Adapun kegiatan saya yang pertama kali yakni mengikuti pembekalan dan pelepasan mahasiswa . kemudian kegiatan penyambutan di balai desa olak dimana pada hari itu menyiapkan ruangan tempat akan diadakan nya acara penyambutan mahasiswa KKN posko satu di desa Olak. Setelah itu apada siang harinya kami mengikuti kegiatan tersebut dan Alhamdulillah berjalan dengan lancar.  

Untuk kegiatan pertama KKN KS saya yakni mengikuti kegiatan pemerintahan dimana saya membantu perangkat desa di balai desa. Walaupun kegiatan di balai desa tidak terlalu ada pada hari itu,yang saya lakukan hanya perkenalan dengan perangkat desa di kantor desa dan kemudia kami juga berkunjung ke TK PAUD desa olak dimana kami disitu menjadi berkenalan dengan guru-guru TK PAUD dan sekaligus sosialisasi kegiatan penguatan rencana pembelajaran kepada wali murid TK PAUD KASIH IBU  dimana saya hanya sebagai pendamping saja . yang memberikan materi yakni teman2 saya. Setalah itu sorenya jam 2 siang saya juga berpartisipasi dalam kegiatan belajar/DTA  dirumah buk Zaimah dimana pada saat itu kegiatan DTA Belum dibuka maka hanya dibuat kelompok belajar dirumah. Saat itu saya dan teman2 ikut memberikan pengajaran . saat itu pelajaran yang diberikan berupa kosakata bahasa arab tentang bagian tubuh, saat itu muridnya hanya 4 orang. Saya disitu sebagai pihak yang mengambil dokumentasi .

Pada  hari jumat tgl 25/09/2020 saya mengikuti kegiatan jumat bersih yang merupakan kegiatan mingguan di balai desa Olak bersama jajaran staf pemerintah  desa olak. Pada hari itu saya hanya ikut membuang sampah rumput dan kotoran yang memenuhi parit depan kantor balai desa . setelah itu perpustakaan yang baru pindah ke balai desa menjadi kegiatan kami selanjutnya dimana saya saat itu ikut membantu memisahkan buku sesuai jenis nya dan kemudian menyusun di rak sesuai kategori buku nya.pada siang harinya setelah zhuhur saya dan teman-teman juga mengiktui kegiatan yasinan ibu-ibu dimana di desa olak sendiri terdapat 4 kelompok yasinan dan pada hari itu saya mengikuti kelompok yasinan pak janawi.

Kami distu hanya berkenalan dan mengikuti kegiatan yasinan tersebut. Karena dalam masa wabah covid acara yasinan hanya sebentar saja .

Kemudian  pada minggu tgl 27/09/2020 saya dan teman2 ikut membersihkan madrasah dimana pada wal wabah covid menyerang kegiatan belajar mengajar DTA dihentikan dan kembali dibuka pada hari senin besoknya. Sebelum dibuka kami membantu untuk membersihkan dan mensterilkan kelas dan halaman yang sudah tak terawat. Say menyapu kelas , menysun ursi dan meja kemudian ikut membersihkan rumput di halaman madrasah.  

Pada selasa tgl 29/09/2020  saya seperti biasa piket balai membantu perangkat desa olak dalam kegiatan dibalai desa. Walau tidak terlalu ada kegiatan pada hari itu kami mengikuti rapat bersama kades dan jajaan staf pemerintahan desa olak dimana saat itu rapat mengenai laporan sekaligus kunjungan dari pihak kecamatan. Siang hari nya saya seperti biasa mulai melakukan proker yakni membantu kegiatan belajar mengajar di DTA  karena KBM sudah mulai dibuka kembali dan tetap mengikuti protocol kesehatan. Saya dan teman saya saat itu di arahkan untuk mengajar kelas 5 dan 6 dimana materi yang kami berikan yakni tentang dalil Quran tentang iman kepada Allah. Dalam situasi baru pertama kali mengajar tentu saya dan teman saya kesulitan . karena menghadapi tingkah dan perilaku anak-anak bukanlah hal yang mudah.  Ada siswa yang bandel , ada siswa yang berisik. Kondisi ini membuat kami cukup kewalahan. Pada sore hari kami juga mengajak ibu-ibu PKK desa olak untuk melakukan senam kebugaran . dalam hal ini untuk meningkatakan imunitas tubuh apalagi dimasa pandemi ini.  Pada malam hari nya setelah kegiatan PAMI dilakukan kami berkunjung ke rumah pak ansori selaku dosen kampus sekaligus tokoh masyarakat meminta bimbingan bagaimana pelaksanaan KKN yang akan kami lakukan di desa olak tempat beliau tinggal.

Pada jumat tgl 02/10/2020 kami melaksanakan kegiatan pemerintahan yakni memberikan bantuan langsung tunai dana desa(BLT-DD) tahap 4,5,dan 6 . saya dan ketiga teman saya mengikuti ketua RT 01 yakni pak Sabli untuk membagaikan BLT tersebut kerumah warga langsung. Saya bertugas sebagai orang yang meminta tanda tangan warga yang menerima bantuan tersebut . setelah itu pada siang hari setelah waktu zhuhur seperti biasa kegiatan yasinan ibu-ibu saya ikuti dan masih bersama kelompok yasinan pak janawi.

Pada minggu tgl 04/10/2020 saya dan teman2 saya melakukan program kerja yakni membuat fasilitas cuci tangan dari ember yang kemudia seltelah selesai akan diletakkan dilokasi umum atau keramaian di desa olak. Yakni seperti masjid dan fasilitas umum lainnya. Sebelum itu dilakukan penyemprotan disenfektan dilokasi tersebut guna mencegah penularan virus covid-19. Pada saat pembuatan cuci tangan saya bertugas mengecat meja tempat ember penampung air.

Pada rabu tgl 07/10/2020 melaksanakan kegiatan belajar mengajar di madrasah yang pada saat itu saya di arahkan untuk mengajar kelas 2 dimana hanya memberikan materi berupa menulis salah satu ayat . dan sesudah itu mengajarkan siswa mengaji  .seperti biasa ketika kegiatn berlangsung ada kebisingan yang terjadi yang dibuat oleh salah satu siswa sehingga saat mengajarkan satu persatu mengaji sulit focus. 

Pada kamis tgl 08/10/2020 saya dan teman saya menerima kunjungan dari dosen pendamping lapangan yakni pak sopian. Pada saat kunjungan beliau memberikan nasihat seputar proker yang akan kami jalankan dan apakah ada kendala dalam menjalankan proker tersebut.

Jumat tgl 09/10/2020  seperti biasa yasinan ibu2 saya ikuti kali ini dirumah buk mukhlisin kelompok yasinan ibu zoya. Sebelum yasinan kami berssholawat terlebih dahulu.dan sore harinya kegiatan jumat bersih saya dan teman-teman lakukan . kali ini saya dan teman2 membersihkan area sepanjang jalan desa. Dimana saya hanya menyapu rumput yang sudah dipotong oleh teman supaya terlihat bersih jalan nya.

Sabtu tgl 10/10/2020 saya dan teman satu posko rapat mengenai kegiatan FASI dan Proker yang belum selesai terlaksana. Serta rencana pemasangan spanduk tentang memakai masker .serta pembagian tempat cuci tangan yang telah selesai dibuat. Besoknya tanggal 11/10/2020 saya dan teman-teman melaksanakan pemasangan spanduk dilokasi fasilitas umu dan keramaian.  Selain itu juga kegiatan pembuatan taman cantik untuk balai desa. Malam harinya kami juga mengikuti yasianan pemuda pemudi di RT 05.

Mengenai kegiatan KKN KS yang kami lakukan ada beberapa yang tidak terlaksana yakni sosialisasi PIK-R dan FASI serta pembagian masker. Karena waktu kegiatan KKN –KS tiba-tiba dihentikan pihak kampus  dan rencana yang ada sudah tidak terlaksana lagi.

 

BAB 5

PENUTUP

A.   KESIMPULAN

Kesimpulan yang dapat saya uraikan dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata dari rumah(KKN-DR) dan Kuliah Kerja Nyata Kerja Sosial (KKN-KS) dilokasi desa Olak kecamatan Muara bulian berjalan sedikit terhambat. Tidak semua proker berjalan sesuai rencana. Apalagi dalam KKN-KS banyak hambatan yang terjadi dalam pelaksanaanya dimana waktu dan kegiatan relative singkat . Hanya kegiatan social dalam kehidupan sehari-hari Alhamdulillah berjalan. Program kerja yang terlaksana yakni  dalam bidang pemeritahan,pendidikan.sosial-agama dan kesehatan serta lingkungan/infrstruktur. Sedangkan dalam kegiatan KKN-DR Alhamdulillah semua terlaksana. Video edukasi dan buku saku telah berhasil di buat dan di upload dimedia social. Walaupun tidak terlalu banyak yang menonton mungkin masih kurangnya sharing sesame warganet. Tetapi Alhamdulillah telah dipublikasikan dan semoga dapat menjadi mamfaat bagi masyarakat dengan menonton video tersebut .

Adapun kegiatan KKN ini yang telah terlaksanakan semoga dapat memberikan banyak maafaat bagi mahasiswa dan masyarakat dalam hal pencegahan covid-19 dimana dalam edukasi dapat memahami tentang vieus covid-19 ini dan dapat membuat kita memahami dan mencegah penyebarannya sehingga kita terlindungi.

B.   REKOMENDASI TINDAK LANJUT

1.    Bagi mahasiswa peserta KKN

a.    Agar dapat mempergunakan waktu seminggu  dalam mengidentifikasi masalah –masalah yang timbul di masyarakat.

b.    Meningkatkan kekerabatan dan sosialisasi kepada masyarakat desa.

c.    Meningkatkan hubungan dengan perangkat desa

d.    Dalam penyusunan program hendaknya disesuaikan dengan situasi dan kondisi desa ,pertimbangan dana,tenaga dan waktu yang tersedia.

e.    Lebih meningkatkan disiplin diri dalam kegiatan KKN

f.     Menjalin kerjasama yang baik antar mahasiswa KKN

2.    Bagi masyarakat

Masyarakat hendaknya mengerti bahwa kegiatan KKN bukan hanya untuk kepentingan mahasiswa saja tetapi kepentingan masyarakat desa setempat ,dimana mahasiswa hanya  sebagai motivator yang membantu memecahkan masalah sehingga diharapkan partisipasi masyarakat dalam setiap program.

3.    Bagi pihak IAI Nusantara Batang Hari

a.    Agar pembekalan KKN sebaiknya dilakukan dan dipersiapkan dengan matang

b.    Format laporan kerja alangkah baiknya diberikan diawal kegiatan sehingga apa yang akan dilaporankan tidak terbengkalai mengingat waktu KKN-DR dan KKN –KS relative singkat. 

c.     Hendaknya satgas memastikan satu persatu lokasi KKN yang akan menjadi lokasi kegiatan dapat dipantau lebih jauh mengenai program kegiatan yang sesuai dengan kampus terapkan . Sehingga ketika mahasiswa berada dilokasi tidak mendapatkan tekanan dari pihak desa mengenai program kerja yang akan mahasiswa lakukan tidak sesuai dengan keinginan pihak desa.

Komentar

Postingan Populer