KULIAH KERJA NYATA (KUKERTA-MASA COVID 2020): Contoh laporan individu kukerta masa covid
LAPORAN INDIVIDU (KKN-DR dan
KKN –KS)
Disusun untuk memenuhi tugas
akhir pada kegiatan
Kuliah Kerja Nyata(KKN) masa Wabah Covid-19
DISUSUN OLEH:
NAMA: SITI PATIMAH
NIM:2017.125.142
PRODI: HUKUM EKONOMI SYARIAH
DOSEN PEMBIMBING LAPANGAN:
ZULQARNAIN.S.Ag.,M.Hum,Ph.D
DOSEN PENDAMPING LAPANGAN:
SOPIAN,SH,M.Si
YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM
BATANGHARI
INSTITUT AGAMA ISLAM NUSANTARA
BATANG HARI
TAHUN AKADEMIK 2020/2021
KATA PENGANTAR
Puji
dan syukur saya panjatkan kepada Allah SWT
yang maha penagsih lagi maha penyayang. Yang mana berkat rahmat dan
karunia-Nya serta kasih sayang yang melimpah
kepada saya sehingga masih dapat diberikan kesempatan untuk dapat menyelesaikan tugas makalah ini yang
diberikan kepada saya. Tak lupa salawat beriringkan salam saya haturkan kepada nabi besar Muhammad SAW yang mana
berkat beliau lah yang telah membawa kita umat manusia dari alam kebodohan yang
tidak tahu apa-apa menuju alam yang penuh dengan ilmu pengetahuan.
Dalam
hal ini ,saya bermaksud membuat Laporan
Individu KKKN-DR dan KKN –KS yang mana dalam hal laporan ini dibuat untuk memenuhi tugas yang
diberikan oleh kampus
dalam cakupan kajian perkuliahan. Saya berharap laporan ini dapat sesuai dengan apa yang di inginkan dan menjadi mamfaat bagi yang
lain baik dalam pembelajaran perkuliahan ataupun yang lainnya.Walaupun masih
banyak kekurangan didalamnya.Dan tak lupa saya ucapkan terimakasih kepada
keluarga dan sahabat-sahabat saya yang telah banyak membantu walaupun tidak
secara langsung tapi pengertian dan perhatian nya kepada saya.Sehingga laporan
ini dapat selesai tepat waktu.
Muara
Bulian, 25 Oktober 2020
Siti Patimah
DAFTAR ISI
HALAMAN
.....................................................................................................
KATA
PENGANTAR ...................................................................................
DAFTAR
ISI ..................................................................................................
BAB
I PENDAHULUAN...............................................................................
A.
LATAR BELAKANG......................................................................... 1
B.
TUJUAN.............................................................................................. 2
C.
RUANG LINGKUP............................................................................ 3
BAB II PENYUSUNAN PROGRAM
A.
DATA SITUASI DESA ...................................................................... 4
B.
PERUMUSAN KEBUTUHAN /MASALAH.................................... 5
C.
TUJUAN ............................................................................................. 6
D.
MANFAAT KKN-DR ......................................................................... 7
BAB
III PROGRAM DAN RENCANA KERJA
A.
METODE PELAKSANAAN ............................................................. 8
B.
RENCANA KERJA DAN EVALUASI ............................................ 9
C.
KALENDER KERJA ........................................................................ 10
BAB
IV HASIL PELAKSANAAN PROGRAM
A. KULIAH KERJA NYATA DARI RUMAH
(KKN-DR )................... 13
B. KULIAH KERJA NYATA KERJA SOSIAL
(KKN-KS).................. 15
BAB V PENUTUP
A.
KESIMPULAN ................................................................................... 17
B.
REKOMENDASI TINDAK LANJUT ............................................... 17
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
belakang
Kuliah Kerja
Nyata(KKN) merupakan kegiatan instrakurikuler yang memberikan kesempatan lepada
mahasiswa untuk belajar dan bekerja bersama masyarakat. KKN yang dilakukan oleh
mahasiswa dilakukan dengan pemberdayaan sebagai sebuah proses
pencarian(research) yang dilakukan bersama-sama untuk mencari jalan terbaik
dalam penyelesaian persoalan yang mereka hadapi. Mahasiswa melakukan tugas
pendampingan terhadap apa yang dibutuhkan oleh masyarakat dalam menghadapi
problem social yang ada ditengah-tengah mereka.
Dalam pelaksanaan KKN
,terdapat tiga hal yang tidak dapat diisahkan antara satu dengan yang lain
yakni penelitian (reseach), pengabdian kepada masyarakat dan publikasi ilmiah.
Ketiga hal tersebut menjadi satu kesatuan yang saling mendukung dan mendorong
untuk meningkatkan kualitas dan mutu KKN yang dilaksanakan oleh Institut Agama
Islam Nusantara Batang Hari.pada tiap-tiap pelaksanaan KKN oleh Institut Agama
Islam Nusantara Batang , dimensi reseach hendaknya dapat dimunculkan dalam implementasinya dengan menggunakan
pendekatan ABCD(Asset, Based,Community
and Development),metode PAR dan BCR. Apalagi dimasa wabah covid-19 ini ,
publikasi reseach akan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai program
dan output KKN yang dilakasanakan oleh mahasiswa.
Kebijakan KKN dari
rumah(KKN-DR) sedang diberlakukan hampir semua Instansi atau lembaga pendidikan
saat ini. Hal ini mengacu pada tridharma perguruan tinggi dimana pengabdian kepada
masyarakat. Maka sistem tebaru yakni KKN –DR diterapkan guna memenuhi tuntutan
tersebut. Walaupun dari rumah, tentu tetap tak mengurangi pengabdian masyarakat
oleh mahasiswa hanya saja media nya saja yang berubah atau penyampaian dan
pelaksanaan nya yang tak secara langsung guna mencegah terjadinya penyebaran
virus corona.
B.
Tujuan
Adapun tujuan dari pelaksanaan KKN yang
dilakukan yakni sebagai berikut:
1. Untuk
mencegah dan meminimalisir penyebaran serta mengurangi resiko virus corona
dimasyarakatdan juga lingkungan Institut Agama Islam Nusantara Batang hari.
2. Untuk
membantu teknis pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata yang dilakukan mahasiswa.
3. Untuk
memastikan pelaksanaan KKN mahasiswa tetap berjalan pada semestinya
C.
Rung
lingkup
Kegiatan KKN ini
dilakukan dalam dua jenis format kegiatan yakni KKN-DR yang merupakan Kuliah
Kerja Nyata Dari Rumah dan yang kedua yakni KKN-KS yang merupakan Kuliah Kerja
Nyata Kerja Sosial. Adapun jenis kegiatan KKN-DR yakni meliputi kegiatan
penguatan kesadaran dan kepedulian terhadap covid-19 ,relasi agama, dan
kesehatan masyarakat dengan tepat,moderasi beragama dan pendidikan serta dakwah
keagamaan Islam dengan memafaatkan media dan teknologi informasi. KKN DR juga
dapat diwujudkan dengan melkaukan produktivitas keilmuan yang dilakukan dengan
berupa penulisan buku saku atau jurnal ilmiah atau artikel yang disesuaikan
dengan program studi masing-masing. Sedangkan kegiatan KKN-KS dapat dilakukan
dengan turun langsung kelapangan atau lokasi KKN dalam hal pencegahan dan
penanganan penyebaran Covid-19 dan pendampingan di masyarakat sesuai dengan
program studi atau bekerja sama dengan
pihak gugus tugas covid -19 atau pun pihak yang berwenang dalam hal ini
sesuai dengan protocol kesehatan yang ditetapkan pemerintah
BAB 2
PENYUSUNAN PROGRAM
A.
DATA SITUASI DESA
Desa Olak merupakan salah satu desa yang berada di
kecamatan Muara Bulian kabupaten batang hari yang berada disepanjang aliran
sungai batanghari. Desa olak sendiri merupakan desa yang terbagi menjadi
beberapa rukun tetangga(RT) yang tergabung menjadi tiga dusun yakni dusun 1
yakni dusun parit, dusun 2 yakni kembang tanjung dan dusun 3 pasir putih.
Dimana tiap dusun dikepalai oleh kepala dusun dan membawahi dua rukun
tetangga(RT). Desa olak memiliki wilayah yang cukup luas dengan kehidupan
masyarakatnya kebanyakan dengan mata pencaharian atau pekerjaan sebagai petani
atau pekebun. Selain itu masyarakat desa olak memiliki struktur pemerintah dan
organisasi yang terkoordinir. Adapun lembaga atau organisasi yang terdapat di
desa olak yakni pemerintahan desa, BPD,RT,KADUS,lembaga adat, PKK , toko agama,
karang taruna,TRIBINA, Forum PAMI dan perSyara’an serta FPKM. Masyarakat desa
olak merupakan masyarakat yang menjunjung tinggi nilai Agama Islam. Ini
terlihat dengan aktifnya kegiatan DTA dan PAMI di desa tersebut. Tak hanya itu
kelompok yasinan pemuda dan pemudi serta bapak2 /ibu2 juga aktif berjalan.
Dalam hal ini terlihat sekali bahwa desa olak masyarakatnya memiliki kehdupan
yang bernilai agama. Selain dalam kehidupan beragama yang tinggi, masyarakat
desa olak dalam hal kesenian dan kebudayaan daerah juga cukup tinggi dimana
dalam hal ini desa olak memiliki sanggar seni yang nama “Rentak Besamo”. Sanggar
seni Rentak Besamo sendiri memiliki
jenis kesenian daerah yakni musik gambus yang mana setiap minggu akan dilakukan
pementasan hiburan untuk masyarakat desa olak. Pemerintahan desa olak saat ini
dipimpin oleh Pejabat sementasa(pjs) yakni datuk Bustari. Beliau menjabat
sementara sampai pemilihan kepala desa yang baru terpilih. Kehidupan masyarakat
desa olak tentu juga dak terlepas dari lingkup kesehatan dimana desa olak juga
memiliki Pusat kesehatan terpadu (POSTU) yang akan menangani masalah kesehatan
masyarakat. Dan juga pendidikan anak juga terdapat TK-PAUD serta DTA. Tentu hal
ini merupakan bukti bahwa kehidupan masyarakat desa olak cukup memperhatikan
masalah pendidikan bagi generasi anak-anak.
B.
PERUMUSAN KEBUTUHAN MASALAH
Adapun beberapa masalah yang terdapat di desa olak ketika
saya berada selama masa KKN KS yakni dapat dilihat bahwa masyarakat desa olak
masih sangat minim pengetahuan tentang wabah virus corona. Kehidupan masyarakat
nya masih banyak yang belum menerapkan sistem ‘’New Normal” yang ditetapkan
oleh pemerintah. Hal ini dapat dilihat dengan kurangnya penerpan protokol
kesehatan saat berada dikeramaian dan juga minimnya fasilitias protokol
kesehatan yang tersedia di tempat umum. Melihat ini saya sangat
prihatin,mengingat bahwa saat ini wabah virus ini begitu tak mengenal siapa
yang akan tertular. Maka dari itu berikut rumusan masalah yakni:
1. Bagaimana memberikan pengetahuan kepada masyrakat
mengenai virus covid-19?
2. Bagiamana menerapkan kepada masyarakat mengenai cara
mencuci tangan yang baik dan benar dalam pencegahan penyebaran virus covid-19?
3. Bagaimana
pemahaman kepada masyarakat terhadap “New Normal” yakni saat sedang
bekrja dilapangan atau dikantor?
4. Bagaimana memberikan pemahaman perilaku hidup bersih dan
sehat.?
5. Bagaimana memberikan kesadaran pentingnya menggunakan
masker saat berada diluar atau keramaaian dan mematuhi prokol kesehatan?
6. bagaimana memberikan pengetahuan dibidang hukum dalam hal
ini terkait dengan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata buku Kesatu(KUHPerdata)
buku kesatu.?
7. Bagaimana
memberikan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat tentang zakat mal dan
pembagian serta perhitunganya.?
C.
TUJUAN KKN-DR
Adapun tujuan dari KKN –DR yang saya lakukan ialah
sebagai berikut:
1. Untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada
masyarakat tentang virus corvid-19.
2. Untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai
cara mencuci tangan yang baik dan benar kepada orang tua dan anak-anak demi mencegah penularan virus corona yang
saat ini sedang mewabah.
3. Untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang
keiasaan baru”New Normal” yang diterapakan oleh pemerintah dimana dalam hal ini
kebiasaan baru yang harus atau wajib diterapkan saat sedang bekerja di luar
atau pun dikantor dimasa pandemi saat ini.
4. Untuk memberikan pemahaman akan pentingnya perilaku hidup
bersih dan sehat dimasa pandemi ini.
5. Untuk memberikan pengetahuan dibidang hukum dalam hal ini
terkait dengan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata buku Kesatu(KUHPerdata) buku
kesatu.
6. Untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada
masyarakat tentang zakat mal dan pembagian serta perhitunganya.
D.
MAMFAAT KKN-DR
Adapun mamfaat yang dapat diperoleh dari KKN-DR ini yakni
:
1. Agar masyarakat menyadari pentingnya pengetahuan dan
informasi terkait virus covid-19 yang saat ini sedang mewabahi negeri.
2. Agar masayarakat dapat menyadari pentingnya pencegahan
penyebaran virus covid-19 ini dengan menerapkan protokol kesehatan yang salah
satunya mencuci tangan yang baik dan benar kepada keluarga dan terutama
anak-anak yang merupakan generasi penerus.
3. Agar masyarakat memahami pentingan memahami gejala dan
cara penularan virus corona agar kemudian hari dapat mengantisipasi jika
keluarga atau lingkunag sekitar ada yang tertular atau memiliki gejala virus
corona.
4. Agar masyarakat menyadari pentingnya menerapkan protokol
kesehatan ketika sedang bekerja baik itu kerja dirumah maupun kerja dikantor
atau lapangan sehingga walau pun
ditengah pandemi aktivitas kerja tetap jalan , protokol kesehatan dijalankan ,
tubuh tetap sehat dan semoga dapat terhindar dari penularan virus covid-19.
5. Agar masyarakat dapat menyadari pentingnya melakukan
perilaku hidup bersih dan sehat(PHBS).
6. Agar masyarakat memahami dan membiasakan menggunakan
masker saat berpergian keluar atau berada di tempat keramaian. Dan menjaga
jarak aman dari orang lain setidaknya 1 meter agar dapat terhindar dari virus.
7. Agar masyarakat dapat mengetahui hukum yang berlaku di
indonesia yakni salah satunya hukum pidana dimana Kitab Undang-Undang Hukum
Pidana yang menjadi aturan dalam menegakan hukum pidana dimana semua hal
perbuatan pidana diataur dalam KUHP yang mana KUHP buku kesatu yang memuat
tentang aturan umum mengenai Hukum Pidana di Indonesia.
8. Agar masyrakat dapat mengetahui bahwa pentingnya memahami
edukasi tentang zakat mal (harta) agar dapat menjadi muslim yang taat dalam
membayara zakat.
BAB 3
PROGRAM DAN RENCANA KERJA
A.
METODE PELAKSAAAN
Adapun metode yang saya lakukan untuk melaksanakan KKN-DR
ini yakni dengan membuat beberapan video edukasi mengenai informasi tentang
virus corona, tentang kebiasaan baru (new normal) , tentang cara mencuci tangan
yang baik dan benar utnuk diajarkan kepada anak-anak dan juga edukasi tentang
zaka mal. Selain itu saya juga menyusun sebuah buku tentang hukum yang mana
dalam hal ini saya akan menyusun buku tentang “KUHP” buku kesatu atau Kitab
Undang-undang Hukum Pidana buku kesatu. Yang mana hasil dari video tersebut
akan di unggah dibeberapa media sosial dan buku tersebut akan di cetak dan
diberikan kepada masyarakat desa sebagai sumber pengetahuan.
B.
RENCANA KERJA
1. Dalam bidang kesehatan
Yakni
memberikan sosialisasi mengenai virus corona melalui video edukasi yang akan disusun dan di unggah dimedia sosial
seperti channel youtube, Ig, twitter, dan Facebook. Selain itu juga memebrikan
edukasi berupa video tentang cara mencucui tangan yang baik dan benar untuk
anak-anak dengan cara bernyayi sambil belajar mencuci tangan. Dalam hal ini
kebiasaan baru”New Normal” juga akan diberikan dengan video edukasi berupa
5kebiasaan baru ditempat kerja dimana kebiasaan baru ini dapat diterapkan jika
sedang bekerja di lapangan atau tempat kerja. Dan juga video
edukasi kepada masyarakat tentang engetahuan dan cara peneyabaran viru corona
dengan judul “virus corona itu apa sih?
2. Dalam bidang pendidikan agama
Yakni
akan diberikan pengetahuan tentang zakat mal(harta) dan pembagian serta
perhitungannya agar sebagai umat muslim dapat menjadi umat muslim yang taat
dalam mengelarkan zakat dan tidak lalai dalam beribadah, karena zakat merupakan
rukun ketiga dari lima rukun islam yang wajib di lakukan oleh seorang
mukhallaf.
3. Dalam bidang hukum
Yakni
akan diberkan pengetahuan tentang Hukum yakni Kitab Undang-undang Hukum Pidana
Buku kesatu yang mana dalam bentuk buku saku. Agar masyarakat dapat mengenal
hukum yang berlaku di indonesia dan bagaimana peraturannya yang mengatur hukum
tentang pidana(kejahatan). Agar kelaknya masyarakat paham dan mengerti agar
tidak berbuat kejahatan sembarangan dan menjadi warga yang taat hukum.
C.
KALENDER KERJA
Adapun kalender kerja yakni:
MINGGU
|
HARI |
JENIS
KKN |
|
KKN
-DR |
KKN-KS |
||
MINGGU
1 |
1 |
|
|
2 |
|
|
|
3 |
|
|
|
4 |
|
√ |
|
5 |
√ |
|
|
6 |
√ |
|
|
7 |
|
√ |
|
MINGGU
2 |
1 |
|
√ |
2 |
√ |
|
|
3 |
|
√ |
|
4 |
√ |
|
|
5 |
√ |
|
|
6 |
|
√ |
|
7 |
√ |
|
|
MINGGU
3 |
1 |
|
√ |
2 |
√ |
|
|
3 |
|
√ |
|
4 |
√ |
|
|
5 |
√ |
|
|
6 |
|
√ |
|
7 |
√ |
|
|
MINGGU
4 |
1 |
|
√ |
2 |
√ |
|
|
3 |
√ |
|
|
4 |
|
√ |
|
5 |
√ |
|
|
6 |
|
√ |
|
7 |
√ |
|
|
MINGGU
5 |
1 |
√ |
√ |
2 |
√ |
|
|
3 |
√ |
|
|
4 |
√ |
|
|
5 |
√ |
|
|
6 |
√ |
|
|
7 |
√ |
|
|
MINGGU
6 |
1 |
√ |
|
2 |
√ |
|
|
3 |
√ |
|
|
4 |
√ |
|
|
5 |
√ |
|
|
6 |
√ |
|
|
7 |
√ |
|
|
MINGGU
7 |
1 |
√ |
|
2 |
√ |
|
|
3 |
√ |
|
|
4 |
√ |
|
|
5 |
√ |
|
|
6 |
√ |
|
|
7 |
|
|
BAB 4
HASIL PELAKSANAAN PROGRAM
A.
KULIAH KERJA NYATA DARI RUMAH(KKN-DR)
1. Bidang kesehatan
Adapun
proses pembuatan video yang pertama yakni video dengan judul “Mari bernyanyi
dan belajar mencuci tangan bersama Aliki” itu membutuhkan waktu 10 hari dari
mulai proses perencanaan draft video sampai selesai dan diuggah /di upload ke
media sosial. Adapun untuk video kedua yakni tentang edukasi kebiasaan baru
dengan judul” New Normal ditempat kerja:tetap kerja tetap sehat” waktu yang
diperlukan dalam pembuatan video ini samai dengan selesai dan diupload ke media
sosial yakni 19 hari karena diselingan dengan penyusunan video pertama.
Sedangkan untuk video ketiga yakni dengan judul”Virus corona itu apa sih?
Membutuhkan waktu sekitar 6 hari karena video ini dibuat setelah video kedua
dan ketiga selesai sehingga fokus pada video ini dan selesai dengan cepat.
2. Bidang pendidikan hukum
Adapun
dalam hal ini buku saku yang disusun memerlukan waktu yang cukup lama karena
proses penyusunan dari awal draft dan isi sampai selesai berjalan cukup sulit
karena harus merapikan ditengah proses pembuatan video . sehingga pada saat ini
sedikit terbengkalai. Tetapi ahamdulillah dapat terselesaikan dengan waktu yang
tepat. Adapun waktu yang dibutuhkan yakni 20hari.
3. Dalam bidang agama
Adapun
dalam bidang agama proses pembuatan video edukasi mengenai hukum zakat harta
(mal) saya membuatuhkan waktu sekitar 8 hari dari awal peencanaan
draft , penyusunan dan penyelesaian draft video samapi di upload di media
social seperti youtube chanel dan ig serta facebook.
B.
KULIAH KERJA NYATA KERJA SOSIAL(KKN-KS)
Adapun
kegiatan yang saya lakukan pada saat kuliah kerja nyata kerja sosial yakni
sekitar 12 hari lamanya. Adapun kegiatan saya yang pertama kali
yakni mengikuti pembekalan dan pelepasan mahasiswa . kemudian kegiatan
penyambutan di balai desa olak dimana pada hari itu menyiapkan ruangan tempat
akan diadakan nya acara penyambutan mahasiswa KKN posko satu di desa Olak.
Setelah itu apada siang harinya kami mengikuti kegiatan tersebut dan
Alhamdulillah berjalan dengan lancar.
Untuk kegiatan pertama KKN KS saya yakni
mengikuti kegiatan pemerintahan dimana saya membantu perangkat desa di balai
desa. Walaupun kegiatan di balai desa tidak terlalu ada pada hari itu,yang saya
lakukan hanya perkenalan dengan perangkat desa di kantor desa dan kemudia kami
juga berkunjung ke TK PAUD desa olak dimana kami disitu menjadi berkenalan
dengan guru-guru TK PAUD dan sekaligus sosialisasi kegiatan penguatan rencana
pembelajaran kepada wali murid TK PAUD KASIH IBU dimana saya hanya sebagai pendamping saja .
yang memberikan materi yakni teman2 saya. Setalah itu sorenya jam 2 siang saya
juga berpartisipasi dalam kegiatan belajar/DTA
dirumah buk Zaimah dimana pada saat itu kegiatan DTA Belum dibuka maka
hanya dibuat kelompok belajar dirumah. Saat itu saya dan teman2 ikut memberikan
pengajaran . saat itu pelajaran yang diberikan berupa kosakata bahasa arab
tentang bagian tubuh, saat itu muridnya hanya 4 orang. Saya disitu sebagai
pihak yang mengambil dokumentasi .
Pada hari jumat tgl 25/09/2020 saya mengikuti
kegiatan jumat bersih yang merupakan kegiatan mingguan di balai desa Olak
bersama jajaran staf pemerintah desa
olak. Pada hari itu saya hanya ikut membuang sampah rumput dan kotoran yang
memenuhi parit depan kantor balai desa . setelah itu perpustakaan yang baru pindah
ke balai desa menjadi kegiatan kami selanjutnya dimana saya saat itu ikut
membantu memisahkan buku sesuai jenis nya dan kemudian menyusun di rak sesuai
kategori buku nya.pada siang harinya setelah zhuhur saya dan teman-teman juga
mengiktui kegiatan yasinan ibu-ibu dimana di desa olak sendiri terdapat 4
kelompok yasinan dan pada hari itu saya mengikuti kelompok yasinan pak janawi.
Kami distu hanya berkenalan dan
mengikuti kegiatan yasinan tersebut. Karena dalam masa wabah covid acara
yasinan hanya sebentar saja .
Kemudian pada minggu tgl 27/09/2020 saya dan teman2
ikut membersihkan madrasah dimana pada wal wabah covid menyerang kegiatan
belajar mengajar DTA dihentikan dan kembali dibuka pada hari senin besoknya.
Sebelum dibuka kami membantu untuk membersihkan dan mensterilkan kelas dan halaman
yang sudah tak terawat. Say menyapu kelas , menysun ursi dan meja kemudian ikut
membersihkan rumput di halaman madrasah.
Pada selasa tgl 29/09/2020 saya seperti biasa piket balai membantu
perangkat desa olak dalam kegiatan dibalai desa. Walau tidak terlalu ada
kegiatan pada hari itu kami mengikuti rapat bersama kades dan jajaan staf
pemerintahan desa olak dimana saat itu rapat mengenai laporan sekaligus
kunjungan dari pihak kecamatan. Siang hari nya saya seperti biasa mulai
melakukan proker yakni membantu kegiatan belajar mengajar di DTA karena KBM sudah mulai dibuka kembali dan
tetap mengikuti protocol kesehatan. Saya dan teman saya saat itu di arahkan
untuk mengajar kelas 5 dan 6 dimana materi yang kami berikan yakni tentang
dalil Quran tentang iman kepada Allah. Dalam situasi baru pertama kali mengajar
tentu saya dan teman saya kesulitan . karena menghadapi tingkah dan perilaku
anak-anak bukanlah hal yang mudah. Ada
siswa yang bandel , ada siswa yang berisik. Kondisi ini membuat kami cukup
kewalahan. Pada sore hari kami juga mengajak ibu-ibu PKK desa olak untuk
melakukan senam kebugaran . dalam hal ini untuk meningkatakan imunitas tubuh
apalagi dimasa pandemi ini. Pada malam
hari nya setelah kegiatan PAMI dilakukan kami berkunjung ke rumah pak ansori
selaku dosen kampus sekaligus tokoh masyarakat meminta bimbingan bagaimana
pelaksanaan KKN yang akan kami lakukan di desa olak tempat beliau tinggal.
Pada jumat tgl 02/10/2020 kami
melaksanakan kegiatan pemerintahan yakni memberikan bantuan langsung tunai dana
desa(BLT-DD) tahap 4,5,dan 6 . saya dan ketiga teman saya mengikuti ketua RT 01
yakni pak Sabli untuk membagaikan BLT tersebut kerumah warga langsung. Saya
bertugas sebagai orang yang meminta tanda tangan warga yang menerima bantuan
tersebut . setelah itu pada siang hari setelah waktu zhuhur seperti biasa
kegiatan yasinan ibu-ibu saya ikuti dan masih bersama kelompok yasinan pak
janawi.
Pada minggu tgl 04/10/2020 saya dan
teman2 saya melakukan program kerja yakni membuat fasilitas cuci tangan dari ember
yang kemudia seltelah selesai akan diletakkan dilokasi umum atau keramaian di
desa olak. Yakni seperti masjid dan fasilitas umum lainnya. Sebelum itu
dilakukan penyemprotan disenfektan dilokasi tersebut guna mencegah penularan
virus covid-19. Pada saat pembuatan cuci tangan saya bertugas mengecat meja
tempat ember penampung air.
Pada rabu tgl 07/10/2020 melaksanakan
kegiatan belajar mengajar di madrasah yang pada saat itu saya di arahkan untuk
mengajar kelas 2 dimana hanya memberikan materi berupa menulis salah satu ayat
. dan sesudah itu mengajarkan siswa mengaji
.seperti biasa ketika kegiatn berlangsung ada kebisingan yang terjadi
yang dibuat oleh salah satu siswa sehingga saat mengajarkan satu persatu mengaji
sulit focus.
Pada kamis tgl 08/10/2020 saya dan teman
saya menerima kunjungan dari dosen pendamping lapangan yakni pak sopian. Pada
saat kunjungan beliau memberikan nasihat seputar proker yang akan kami jalankan
dan apakah ada kendala dalam menjalankan proker tersebut.
Jumat tgl 09/10/2020 seperti biasa yasinan ibu2 saya ikuti kali ini
dirumah buk mukhlisin kelompok yasinan ibu zoya. Sebelum yasinan kami
berssholawat terlebih dahulu.dan sore harinya kegiatan jumat bersih saya dan
teman-teman lakukan . kali ini saya dan teman2 membersihkan area sepanjang
jalan desa. Dimana saya hanya menyapu rumput yang sudah dipotong oleh teman
supaya terlihat bersih jalan nya.
Sabtu tgl 10/10/2020 saya dan teman satu
posko rapat mengenai kegiatan FASI dan Proker yang belum selesai terlaksana.
Serta rencana pemasangan spanduk tentang memakai masker .serta pembagian tempat
cuci tangan yang telah selesai dibuat. Besoknya tanggal 11/10/2020 saya dan
teman-teman melaksanakan pemasangan spanduk dilokasi fasilitas umu dan
keramaian. Selain itu juga kegiatan
pembuatan taman cantik untuk balai desa. Malam harinya kami juga mengikuti
yasianan pemuda pemudi di RT 05.
Mengenai kegiatan KKN KS yang kami
lakukan ada beberapa yang tidak terlaksana yakni sosialisasi PIK-R dan FASI
serta pembagian masker. Karena waktu kegiatan KKN –KS tiba-tiba dihentikan
pihak kampus dan rencana yang ada sudah
tidak terlaksana lagi.
BAB 5
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Kesimpulan yang dapat saya uraikan dalam
pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata dari rumah(KKN-DR) dan Kuliah Kerja Nyata Kerja
Sosial (KKN-KS) dilokasi desa Olak kecamatan Muara bulian berjalan sedikit
terhambat. Tidak semua proker berjalan sesuai rencana. Apalagi dalam KKN-KS
banyak hambatan yang terjadi dalam pelaksanaanya dimana waktu dan kegiatan
relative singkat . Hanya kegiatan social dalam kehidupan sehari-hari
Alhamdulillah berjalan. Program kerja yang terlaksana yakni dalam bidang
pemeritahan,pendidikan.sosial-agama dan kesehatan serta
lingkungan/infrstruktur. Sedangkan dalam kegiatan KKN-DR Alhamdulillah semua
terlaksana. Video edukasi dan buku saku telah berhasil di buat dan di upload
dimedia social. Walaupun tidak terlalu banyak yang menonton mungkin masih
kurangnya sharing sesame warganet. Tetapi Alhamdulillah telah dipublikasikan
dan semoga dapat menjadi mamfaat bagi masyarakat dengan menonton video tersebut
.
Adapun kegiatan KKN ini yang telah
terlaksanakan semoga dapat memberikan banyak maafaat bagi mahasiswa dan
masyarakat dalam hal pencegahan covid-19 dimana dalam edukasi dapat memahami
tentang vieus covid-19 ini dan dapat membuat kita memahami dan mencegah
penyebarannya sehingga kita terlindungi.
B.
REKOMENDASI TINDAK LANJUT
1. Bagi
mahasiswa peserta KKN
a. Agar
dapat mempergunakan waktu seminggu dalam
mengidentifikasi masalah –masalah yang timbul di masyarakat.
b. Meningkatkan
kekerabatan dan sosialisasi kepada masyarakat desa.
c. Meningkatkan
hubungan dengan perangkat desa
d. Dalam
penyusunan program hendaknya disesuaikan dengan situasi dan kondisi desa
,pertimbangan dana,tenaga dan waktu yang tersedia.
e. Lebih
meningkatkan disiplin diri dalam kegiatan KKN
f. Menjalin
kerjasama yang baik antar mahasiswa KKN
2. Bagi
masyarakat
Masyarakat hendaknya mengerti bahwa kegiatan KKN bukan
hanya untuk kepentingan mahasiswa saja tetapi kepentingan masyarakat desa
setempat ,dimana mahasiswa hanya sebagai
motivator yang membantu memecahkan masalah sehingga diharapkan partisipasi
masyarakat dalam setiap program.
3. Bagi
pihak IAI Nusantara Batang Hari
a. Agar
pembekalan KKN sebaiknya dilakukan dan dipersiapkan dengan matang
b. Format
laporan kerja alangkah baiknya diberikan diawal kegiatan sehingga apa yang akan
dilaporankan tidak terbengkalai mengingat waktu KKN-DR dan KKN –KS relative
singkat.
c. Hendaknya satgas memastikan
satu persatu lokasi KKN yang akan menjadi lokasi kegiatan dapat dipantau lebih
jauh mengenai program kegiatan yang sesuai dengan kampus terapkan . Sehingga
ketika mahasiswa berada dilokasi tidak mendapatkan tekanan dari pihak desa
mengenai program kerja yang akan mahasiswa lakukan tidak sesuai dengan
keinginan pihak desa.
Komentar
Posting Komentar