cotoh makalah complex sentence independent clause and difendent clause



MAKALAH
Intoductin to complex sentence ,independent clause and dependent clause





      

DI SUSUN OLEH:
SITI PATIMAH
1 HES A




KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kita haturkan kepada  Allah SWT yang telah memberi rahmat dan karunia-Nya serta kasih sayang yang melimpah kepada penulissehingga masih diberikan kesempatan untuk  menyelesaikan makalah ini.sepatutnya penuis dan kita mensyukuri nikmat yang telah diberikan dengan mengisi kehidupan ini dengan karya yang bermamfaat bagi seluruh jagat raya.  Tak lupa salawat beriringkan salam kita junjungkan kepada nabi besar Muhammad SAW yang mana berkat beliau lah yang telah membawa kita umat manusia dari alam kebodohan menuju alam yang penuh dengan ilmu pengetahuan.
Dalam hal ini,penulis bermaksud membuat makalah tentangs introducton complex sentence and independent clause dan dependent clause .Meskipun tujuan pembuatan makalah ini sebenarnya untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh dosen yang merupakan cakupan kajian perkuliahan.Penulis berharap makalah ini dapat memenuhi tugas yang diberikan dan pada masa yang datang dapat menjadi mamfaat untuk siapa pun.Walaupun masih banyak kekurangan. Ucapan terima kasih tak lupa penulis  haturkan kepada keluarga dan sahabat-sahabat saya ,yang telah banyak membantu walau pun tidak secara langsung tapi pengertian dan perhatian nya kepada penulis. Sehingga makalah ini dapat selesai tepat waktu.

Muara bulian,     oktober 2017
Penulis

siti patimah





DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ..........................................................................................................      i
KATA PENGANTAR........................................................................................................      ii
DAFTAR ISI ...................................................................................................................   iii

BAB I.        PENDAHULUAN
                   1.1 Latar belakang......................................................................................  1
                   1.2 Rumusan masalah.............................................................................      1
                   1.3 Tujuan penulisan.................................................................................        1

BAB II.       PEMBAHASAN
                   2.1. pengertian complex sentence...........................................................        2
                   2.2. independent clause............................................................................        2
                   2.3. dependent clause................................................................................        3
                  
BAB III.      KESIMPULAN
                   3.1. Simpulan...............................................................................................        7
                   3.2. Saran dan Kritik...................................................................................        7

DAFTAR PUSTAKA



BAB 1
PENDAHULUAN
1.1.      Latar belakang
Bahasa inggris dalam penggunaanya sangatlah sering bahkan menjadi bahasa internasonal yang digunakan legseluruhbangsa di dunia. Ketika seseorang mempunyai kemampuan dalam memahami dan mengerti bahasa ingris maka akan sangat membantu dalam setidaknya dalam konteks bahasa ktika dia berada di luar negeri atau dinegara manapun yang mungkin suatu saat di kunjungi. Dalam tahap dunia kerja pun ,seseorang di tuntut memilikipemahaman terhadap bahasa Ingris ini. Walau dalam onteks yang tidak terlalu mendalami. Tetapi cukup memahamitata bahasa keseharianya saja itu sudah dapat membantuanda jika anda berada diluar negeri atau disekitar orang asing. Dalam memahami bahasa Ingris tentu ada kaitanya dengan sentence(kalimat). Kaitan ini tentu mengacu pada jenis jenis kalimat dan cara penggunaanya. Dan penggunaanya haruslah sesuai dengan aturan dan tata cara yang berlaku. Maka dari itu akan dibahas mengenai sentence yang salah satunya complex sentence ,
1.2.      Rumusan masalah
Adapun rumusan masalah yaitu:
a.    Apa itu complex senntence?
b.    Apa itu independent clause?
c.    Bagaimana memahami dependent clause?
1.3.      Tujuan penulisan
a.    Menjelaskan pengertian complex sentence
b.    Menjelaskan  independent clause.
c.    Memahami  dependent clause.



BAB 2
 PEMBAHASAN
2.1. complex sentence
Complex sentence(kalimat kompleks) terdiri dari satu main (independent) clause dansatu atau lebih dependent (subordinate)clause

Pikiran utama atau disebut dengan independent clause merupakan unsur yang paling penting dalam jenis kalimat ini sedangkan dependent clause hanya berupa informasi tambahan yang melengkapi independent clause. Meskipun demikian dalam sebuah complex sentence, dependent clause juga merupakan unsur penting yang harus ada karena inilah yang membedakannya dengan jenis kalimat lain
Contoh:
Independent clause : I need the dictionary. (Saya membutuhkan kamus)
Dependent clause : That you borrowed last week. (Yang kamu pinjam minggu lalu)
Complex sentence : I need the dictionary that you borrowed last week. (Saya membutuhkan kamus yang kamu pinjam kemarin)
Tidak seperti independent clause yang dapat berdiri sendiri menjadi sebuah kalimat (simple sentence), dependent clause selalu membutuhkan independent clause untuk dapat menjadi sebuah kalimat yang kita sebut sebagai kalimat kompleks atau complex sentence.
Dependent clause dalam kalimat bisanya diawali dengan conjunction (kata hubung), relative pronoun, question word dan sebagainya.
Rumus complesx sentence
Independent clause +dependent clause= complex sentence 
Contoh kalimat complex sentence :

  • ·         Because I had free time last monday, I baked strawberry cake. (Karena saya meiliki waktu luang senin kemarin, Saya membuat kue stroberi)

  • ·         I didn’t want to go there because it was to dark and spooky. (Saya tidak ingin pergi kesana karena terlalu gelap dan menyeramkan)

  • ·         Though she is so desperated, she doesn’t show it in front of her children. (Meskipin dia sangat depresi, dia tidak menunjukkannya di depan anak-anaknya)

  • ·         When the sun set, the children is going home. (Saat matahari terbenam, anak-anak pulang ke rumah)

  • ·         The zoo, which is located in Surabaya, has rare animals. (Kebun binatang, yang letaknya di Surabaya mempunyai binatang langka)

  • ·         Because her husband is rich and wealthy, she doesn’t worry about the future of their kids. (Karena suaminya kaya dan makmur, dia tidak khawatir tentang masa depan anak-anak mereka)

  • ·         I didn’t like the korean drama although many people did. (Saya tidak suka drama korea walaupun banyak orang yang suka)

  • ·         I have to say that I am so lucky to have you in my life. (saya harus mengatakan bahwa saya sangat beruntung memiliki kamu di hidup saya)

  • ·         Everyone cheer at him when he is singing. (Semua orang bersorak saat dia menyanyi)

  • ·         This is the campus where we met at the first time. (Ini adalah kampus dimana kita bertemu untuk pertama kalinya)


2.2. Independent clause
Independent clause atau disebut juga dengan main clause atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan induk kalimat atau klausa utama adalah kelompok kata yang saling berhubungan yang mempunyi subjek dan predikat dan dapat berdiri sendiri sebagai kalimat yang lengkap dan utuh sehingga independent clause bisa disamakan dengan simple sentence.

Contoh kalimat
1.    Rudy is my son.
2.    I know that boy.
3.    Martha is very happy.
4.    English is an international language.
5.    Sorta and Binsar are from Medan.
6.    They went to the supermarket.
7.    I have been to Singapore.
8.    We visited Kuta beach last year



2.3 Dependent clause
Dependent clause atau disebut juga dengan subordinate clause, dandalam bahasa Indonesia disebut anak kalimat, mempunyai subjek dan predikat, tetapi tidak bisa berdiri sendiri sebagai kalimat yang lengkap karena tidak mengekspresikan pemikiran yang lengkap. Dependent clause Memerlukan independent clause agar dapat memberikan informasi yang lengkap dan utuh

Dependent Clause disebut juga Subordinate Clause karena menggunakan subordinate conjunctions, seperti that, whether, if, when, until, after, although, because, since, whereas, dan before. Tetapi adjective clause menggunakan relative pronouns, seperti that, which,who, whom, dan whose.
Berikut ini adalah contoh-contoh dependent clause. :
1.    That he is a banker.
2.    Whether you go by bus or by train.
3.    If you go with us.
4.    Who is sitting alone.
5.    Whose hair is long.
6.    Because he did not have any money.
7.    After you arrive in Bali.
8.    Whereas Anita is diligent.
9.    Why he cried.
10. Wherever you go.

Setelah membaca dan memahami contoh-contoh dependent clause yang diberikan, apakah ada contoh clause yang mengungkapkan informasi yang lengkap yang dapat disampaikan dari seluruh contoh tersebut? Mungkin Anda akan menjawab ya, yaitu contoh klausa pada nomor 4. Memang sesuai dengan susunannya, klausa nomor 4 bisa dikatakan sebagai kalimat tanya. Tetapi Anda juga harus teliti bahwa kalimat tanya selalu ditandai dengan tanda tanya(?). Pada kalimat nomor 4 tidak terdapat tanda tanya sehinggaklausa tersebut tidak bisa dikategorikan kalimat tanya. Sekarang tentu Anda bisa membandingkan persamaan dan perbedaan dari kedua jenis klausa tersebut. Apakah persamannya? Ya, kedua jenis klausa ini sama-sama mempunyai subjek dan predikat.Lalu, apakah perbedaannya? Ya, dependent clause diawali dengan subordinating conjunctionseperti  because, after, whereas, wherever atau relative pronoun, seperti who/that, whose, dan whom. Sebaliknya, independent clausetidak diawali dengan subordinating conjunction maupun relative pronouns

Macam macam dependent clause

  • Adverbial Clause
Apabila dependent clausenya berupa adverbial clause, maka yang digunakan adalah subordinate conjuction: after, since, when, although, because.
Contoh:
He was calling someone when I came to his house. (Dia sedang menelepon seseorang saat saya datang kerumahnya)
  • Adjective Clause
Apabila dependent clausenya berupa adjective clause, maka yang digunakan adalah relative pronoun: who, which, whose, whom, that.
Contoh:
She is the red hair girl that I have told to you yesterday. (Ini adalah gadis berambut merah yang saya bicarakan denganmu kemarin)
  • Noun Clause
Apabila dependent clausenya berupa noun clause, maka digunakan question word,if, weather dan that.
Contoh:
What you wear today is a white dress that is very beautiful. (Apa yang kamu kenakan hari hari ini adalah gaun putih yang sangat cantik)
Posisi Tanda Baca Pada Kalimat Complex Sentence
  • Adverbial Clause
Apabila adverbial clausenya terdapat di awal kalimat, maka diikuti oleh independent clause dan diberikan tanda koma (,) sebagai pemisah antara independent clause dan adverbial clausenya dan begitu pula sebaliknya.
Contoh;
  1. Adverbial clause berada di awal kalimat
When I see your face, my heart is beating. (Ketika saya memandang wajahmu, hati saya berdebar)
  1. Adverbial clause berada di akhir kalimat
My heart is beating when I see your face. (Hati saya berdebar ketika memandang wajahmu)
  • Adjective Clause
Adjective clause biasanya terletak ditengah-tengah sebuah complex sentence. Fungsinya adalah menerangkan sebuah noun maupun pronoun. Penggunaanya bisa diberikan penambahan dua buah tanda koma (,) yang mengapit adjective clause tersebut, namun tanda koma (,) bisa saja tidak diberikan, tergantung pada penting atau tidaknya.
Apabila adjective clausenya dinilai penting dan bila dihilangkan akan mengubah arti kalimat tersebut, maka tanda koma (,) tidak perlu digunakan. Sebaliknya, jika dinilai informasinya tidak begitu penting, maka perlu diberikan tanda koma (,).
Contoh:
  1. Adjective clausenya bersifat penting:
Dino is a sheep which is very cute. (Dino adalah domba yang sangat lucu)
2.    Adjective clausenya  bersifat tidak penting:
Titi, who lives next door, is my sister in law. (Titi, yang tinggal disebelah, adalah saudara ipar perempuanku).

















BAB 3
PENUTUP
3.1. KESIMPULAN
Dari pembahasa mengenai complex sentence dan penggunaanya dapat di simpulkan bahwa complex sentence (kalimat kompleks) terdiri dari dua clausa yaitu independent clause(kalimat utama) dan dependent clause(kalimat tambahan). yang mana independent clause merupakan kalimat gagasan yang dapat berdir sendiri dan disamakan seperti simple sentence. Sdangkan dependent clause (kalimat tambahan) merupakan kalimat tambahan yang tidak dapat berdiri dan memerlukan independent clause yang ditambah kata hubung (conjuction) sehinggamenjadi complex sentence(kalimat kompleks)
3.2. SARAN DAN KRITIK
Demikian lah pembahasan yang di atas . kekurangan srta kesalahan yang terdapat dari pembahasan di atas kami mohon maaf . mengingat saya masih dalm tahap belajar dan masih belum bisa terlalu paham dengan bahasa Inggris yang merupakan bahasa asing. Untuk itu, saran dan kritik sangat diperlukan demi perbaikan dimasa yang akan datang. Sehingga apabila kedepan nya saya dapat memahami dan menerapkannya dengan baik.











DAFTAR PUSTAKA


Komentar

Postingan Populer